Rabu, Desember 14, 2011

Tawassul Dalam Perspektif Hadits

Tawassul Dalam Perspektif Hadits

ﺎَﻬُّﻳَﺃ ﺎَﻳ َﻦﻳِﺬَّﻟﺍ ﺍﻮُﻨَﻣﺁ ﺍﻮُﻘَّﺗﺍ َﻪَّﻠﻟﺍ ِﻪْﻴَﻟِﺇ ﺍﻮُﻐَﺘْﺑﺍَﻭ ﺍﻭُﺪِﻫﺎَﺟَﻭ َﺔَﻠﻴِﺳَﻮْﻟﺍ ﻲِﻓ ِﻪِﻠﻴِﺒَﺳ ْﻢُﻜَّﻠَﻌَﻟ َﻥﻮُﺤِﻠْﻔُﺗ

35. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang

mendekatkan diri kepada- Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya , supaya kamu

mendapat keberuntungan. (al- ma’idah :35 )

Tanbihun – Tawassul adalah berdoa

dengan perantara, sedari dulu ulama dipenjuru dunia memperbolehkan dan

mengamalkan tawassul baik dengan amal sholih, ataupun dengan pribadi dan

kedudukan nabi Muhammad SAW serta para auliya’. Hanya saja semenjak

datangnya gelombang pembaharuan yang dihembuskan oleh Muhammad Bin Abdul

wahhab, maka terjadi goncangan ditubuh umat Islam. Mereka yang mengamalkan

tawassul kepada Nabi dan para wali dicap sebagai biang Bid’ah dan Syirik. Bukan

cuma itu, sejumlah auliya’ Alloh dihujat habis-habisan mulai dari Syaikh Ahmad

Badawi sampai para wali songo di tanah jawa. ( Ada CD rekaman ceramah ustadz

mereka pada penulis ).

Sebenarnya Allah Swt memerintahkan kepada kita untuk mengambil perantara

antara kita dengan Allah. ( Lihat QS. Al Maidah : 35 di atas ) .Rasulullah saw adalah

sebaik baik perantara, dan beliau sendiri bersabda : “Barangsiapa yang mendengar

adzan lalu menjawab dengan doa : “Wahai Allah Tuhan Pemilik Dakwah yang

sempurna ini, dan shalat yang dijalankan ini, berilah Muhammad (saw) hak menjadi

perantara dan limpahkan anugerah, dan bangkitkan untuknya Kedudukan yang

terpuji sebagaimana yang telah kau janjikan padanya”. Maka halal baginya

syafaatku” (Shahih Bukhari hadits no. 589 dan hadits no.4442 )

Hadits ini jelas bahwa Rasul menunjukkan bahwa beliau tak melarang tawassul pada

beliau saw, bahkan orang yang mendoakan hak tawassul untuk beliau sudah

dijanjikan syafaat beliau dan hak untuk menjadi perantara ini tidak dibatasi oleh

keadaan beliau, baik ketika masih hidup ataupun di saat wafatnya.

Tawassul ini boleh kepada amal shalih, misalnya doa : “Wahai Allah, demi amal

perbuatanku yang telah aku lakukan saat itu kabulkanlah doaku”, sebagaimana telah

teriwayatkan dalam Shahih Bukhari dalam hadits yang panjang menceritakan tiga

orang yang terperangkap di dalam goa dan masing masing bertawassul pada amal

shalihnya.

Dan boleh juga tawassul pada Nabi saw atau orang lainnya, sebagaimana yang

diperbuat oleh Umar bin Khattab ra , bahwa Umar bin Khattab ra shalat istisqa lalu

berdoa kepada Allah dengan doa : “wahai Allah.. , sungguh kami telah mengambil

perantara (bertawassul) pada Mu dengan Nabi kami Muhammad saw agar kau

turunkan hujan lalu kau turunkan hujan, maka kini kami mengambil perantara

(bertawassul) pada Mu Dengan Paman Nabi Mu (Abbas bin Abdulmuttalib ra) yang

melihat beliau sang Nabi saw maka turunkanlah hujan” maka hujanpun turun dg

derasnya. (Shahih Bukhari hadits no.964 dan hadits no.3507 ).

Riwayat diatas menunjukkan bahwa :

Para sahabat besar bertawassul pada Nabi saw dan dikabulkan Allah swt.

Para sahabat besar bertawassul satu sama lain antara mereka dan dikabulkan

Allah swt.

Para sahabat besar bertawassul pada keluarga Nabi saw (perhatikan ucapan

Umar ra : “Dengan Paman nabi” (saw) . Kenapa beliau tak ucapkan namanya

saja? , misalnya Demi Abbas bin Abdulmuttalib ra?, namun justru beliau tak

mengucapkan nama, tapi mengucapkan sebutan “Paman Nabi” dalam doanya

kepada Allah, dan Allah mengabulkan doanya, menunjukkan bahwa Tawassul

pada keluarga Nabi saw adalah perbuatan Sahabat besar, dan dikabulkan Allah.

Para sahabat besar bertawassul pada kemuliaan sahabatnya yang melihat Rasul

saw, perhatikan ucapan Umar bin Khattab ra : “dengan pamannya yang

melihatnya” (dengan paman nabi saw yang melihat Nabi saw) jelaslah bahwa

melihat Rasul saw mempunyai kemuliaan tersendiri disisi Umar bin Khattab ra

hingga beliau menyebutnya dalam doanya, maka melihat Rasul saw adalah

kemuliaan yg ditawassuli Umar ra dan dikabulkan Allah.

Dan boleh tawassul pada benda, sebagaimana Rasulullah saw bertawassul pada

tanah dan air liur sebagian muslimin untuk kesembuhan, sebagaimana doa beliau

ketika ada yang sakit : “Dengan Nama Allah atas tanah bumi kami, demi air liur

sebagian dari kami, sembuhlah yang sakit pada kami, dengan izin Tuhan kami”

(shahih Bukhari hadits no.5413 , dan Shahih Muslim hadits no. 2194), ucapan beliau:

“demi air liur sebagian dari kami” menunjukkan bahwa beliau saw bertawassul

dengan air liur mukminin yang dengan itu dapat menyembuhkan penyakit, dengan

izin Allah swt tentunya, sebagaimana dokter pun dapat menyembuhkan, namun

dengan izin Allah pula tentunya, juga beliau bertawassul dengan tanah,

menunjukkan diperbolehkannya bertawassul pada benda mati atau apa saja karena

semuanya mengandung kemuliaan Allah swt. Dalam riwayat lain diterangkan

َﻥﺎَﻤْﺜُﻋ ْﻦَﻋ ِﻦْﺑ ٍﻒْﻴَﻨُﺣ

َّﻥَﺃ َﺮﻳِﺮَﺿ ﺎًﻠُﺟَﺭ ِﺮَﺼَﺒْﻟﺍ ﻰَﺗَﺃ َّﻲِﺒَّﻨﻟﺍ ﻰَّﻠَﺻ َﻢَّﻠَﺳَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﻪَّﻠﻟﺍ َﻝﺎَﻘَﻓ َﻪَّﻠﻟﺍ ُﻉْﺩﺍ ﻲِﻨَﻴِﻓﺎَﻌُﻳ ْﻥَﺃ َﻝﺎَﻗ ْﻥِﺇ َﺖْﺌِﺷ

ُﺕْﻮَﻋَﺩ ْﻥِﺇَﻭ َﺖْﺌِﺷ َﺕْﺮَﺒَﺻ َﻮُﻬَﻓ ٌﺮْﻴَﺧ ْﻪُﻋْﺩﺎَﻓ َﻝﺎَﻗ َﻚَﻟ َﻝﺎَﻗ ُﻩَﺮَﻣَﺄَﻓ ْﻥَﺃ َﺄَّﺿَﻮَﺘَﻳ َﻦِﺴْﺤُﻴَﻓ ُﻩَﺀﻮُﺿُﻭ َﻮُﻋْﺪَﻳَﻭ

ﺍَﺬَﻬِﺑ ِﺀﺎَﻋُّﺪﻟﺍ َﻚُﻟَﺄْﺳَﺃ ﻲِّﻧِﺇ َّﻢُﻬَّﻠﻟﺍ ُﻪَّﺟَﻮَﺗَﺃَﻭ َﻚِّﻴِﺒَﻨِﺑ َﻚْﻴَﻟِﺇ ِّﻲِﺒَﻧ ٍﺪَّﻤَﺤُﻣ ِﺔَﻤْﺣَّﺮﻟﺍ ﻲِّﻧِﺇ ُﺖْﻬَّﺟَﻮَﺗ َﻚِﺑ ﻰَﻟِﺇ ﻲِّﺑَﺭ

ﻲِﻓ ﻲِﺘَﺟﺎَﺣ ِﻩِﺬَﻫ ﻰَﻀْﻘُﺘِﻟ َﻲِﻟ َّﻢُﻬَّﻠﻟﺍ ُﻪْﻌِّﻔَﺸَﻓ َﻝﺎَﻗ َّﻲِﻓ ﻮُﺑَﺃ ﺍَﺬَﻫ ﻰَﺴﻴِﻋ ٌﺚﻳِﺪَﺣ ٌﻦَﺴَﺣ ٌﺢﻴِﺤَﺻ

ٌﺐﻳِﺮَﻏ

Dari ustman bin hanif sesungguhnya seseorang yang sakit mata datang kepada nabi

saw lalu berkata, berdoalah kepada Allah agar Dia menyembuhkanku, Nabi

menjawab, jika kamu mau, maka aku akan berdoa (untukmu) dan jika kamu ingin,

maka bersabarlah dan itu lebih baik bagimu, lalu dia berkata, berdoalah. Ustman Bin

Hanif berkata, lalu Nabi memerintahkannya untuk berwudhu dengan baik lalu

berdoa dengan doa ini, ya Allah sesungguhnya hamba mohon kepadaMu dan

hamba menghadap kepadaMu dengan NabiMu Muhammad Nabi pembawa rahmat,

sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku dengan engkau ya Rasuulullah

supaya hajatku ini dikabulkan, ya Alloh jadikanlah ia pemberi syafaat hajatku

untukku.

(Shahih Ibn Khuzaimah hadits no.1219 , Mustadrak ala shahihain hadits no.1180 dan

ia berkata hadits ini shahih dg syarat shahihain Imam Bukhari dan Muslim). Hadist ini

dishahihkan oleh Al hakim, Ibnu Khuzaimah dan disetujui oleh adz Dzahabi.

Hadits diatas ini jelas jelas Rasul saw mengajarkan orang buta ini agar berdoa

dengan doa tersebut, Rasul saw yang mengajarkan padanya, bukan orang buta itu

yang membuat buat doa ini, tapi Rasul saw yang mengajarkannya agar berdoa

dengan doa itu, sebagaimana juga Rasul saw mengajarkan ummatnya bershalawat

padanya, bersalam padanya.

Lalu muncullah pendapat saudara saudara kita, bahwa tawassul hanya boleh pada

Nabi saw, pendapat ini tentunya keliru, karena Umar bin Khattab ra bertawassul

pada Abbas bin Abdulmuttalib ra. Sebagaimana riwayat Shahih Bukhari diatas,

bahkan Rasul saw bertawassul pada tanah dan air liur.

Adapula pendapat mengatakan tawassul hanya boleh pada yang hidup, pendapat ini

ditentang dengan riwayat shahih berikut :

“telah datang kepada Utsman bin Hanif ra seorang yang mengadukan bahwa

Utsman bin Affan ra tak memperhatikan kebutuhannya, maka berkatalah Utsman

bin Hanif ra : “berwudulah, lalu shalat lah dua rakaat di masjid, lalu berdoalah

dengan doa ini : “: “Wahai Allah, Aku meminta kepada Mu, dan Menghadap kepada

Mu, Demi Nabi Mu Nabi Muhammad, Nabi Pembawa Kasih Sayang, Wahai

Muhammad, Sungguh aku menghadap demi dirimu (Muhammad saw), kepada

Tuhanku dalam hajatku ini, maka kau kabulkan hajatku, wahai Allah jadikanlah ia

memberi syafaat hajatku untukku” (doa yang sama dengan riwayat diatas)”, nanti

selepas kau lakukan itu maka ikutlah dengan ku kesuatu tempat.

Maka orang itupun melakukannya lalu utsman bin hanif ra mengajaknya keluar

masjid dan menuju rumah Utsman bin Affan ra, lalu orang itu masuk dan sebelum ia

berkata apa apa Utsman bin Affan lebih dulu bertanya padanya : “apa hajatmu?”,

orang itu menyebutkan hajatnya maka Utsman bin Affan ra memberinya. Dan orang

itu keluar menemui Ustman bin Hanif ra dan berkata : “kau bicara apa pada Utsman

bin Affan sampai ia segera mengabulkan hajatku ya.. ??”, maka berkata Utsman bin

Hanif ra : “aku tak bicara apa-apa pada Utsman bin Affan ra tentangmu, Cuma aku

menyaksikan Rasul saw mengajarkan doa itu pada orang buta dan sembuh”.

(Majma’ zawaid Juz 2 hal 279), Imam Thabrani meriwayatkannya dalam Al Kabir

yang dalam sanadnya terdapat Rauh bin Sholah, Ibnu Hibban dan Al Hakim

menstiqahkannya ( Syarah Ibnu Majjah 1/99 ).

Ada juga sebuah hadist dari Malik ad Daar diriwayatkan dalam kitab Al Mushannaf

Ibnu Abi Syaibah 12/31 Kitab Fadhail bab Fadhail Umar bin Khattab RA hadis no

32665 dan juga terdapat dalam Musnad Umar Bin Khottob Juz 25/388 .

َﺔَﻳِﻭﺎَﻌُﻣ ﻮُﺑَﺃ ﺎَﻨَﺛَّﺪَﺣ ِﺶَﻤْﻋَﻷﺍ ِﻦَﻋ ْﻦَﻋ ﻲِﺑَﺃ ٍﺢِﻟﺎَﺻ ْﻦَﻋ ِﻚِﻟﺎَﻣ ِﺭﺍَّﺪﻟﺍ , َﻝﺎَﻗ : َﻥﺎَﻛَﻭ َﻥِﺯﺎَﺧ َﺮَﻤُﻋ ﻰَﻠَﻋ

ِﻡﺎَﻌَّﻄﻟﺍ , َﻝﺎَﻗ : َﺏﺎَﺻَﺃ َﺱﺎَّﻨﻟﺍ ٌﻂْﺤَﻗ ِﻦَﻣَﺯ ﻲِﻓ َﺮَﻤُﻋ , ٌﻞُﺟَﺭ َﺀﺎَﺠَﻓ ﻰَﻟِﺇ ِﺮْﺒَﻗ ِّﻲِﺒَّﻨﻟﺍ ﻰﻠﺻ ﻪﻠﻟﺍ ﻪﻴﻠﻋ

ﻢﻠﺳﻭ , َﻝﺎَﻘَﻓ : ﺎَﻳ ِﻪﻠﻟﺍ َﻝﻮُﺳَﺭ , ْﻢُﻬَّﻧِﺈَﻓ َﻚِﺘَّﻣُﻷ ِﻖْﺴَﺘْﺳﺍ ﺍﻮُﻜَﻠَﻫ ْﺪَﻗ , ﻰَﺗَﺄَﻓ َﻞُﺟَّﺮﻟﺍ ِﻡﺎَﻨَﻤْﻟﺍ ﻲِﻓ

َﻞﻴِﻘَﻓ ُﻪَﻟ : ِﺖْﺋﺍ َﺮَﻤُﻋ ُﻪْﺋِﺮْﻗَﺄَﻓ َﻡﻼَّﺴﻟﺍ , ُﻩْﺮِﺒْﺧَﺃَﻭ ْﻢُﻜَّﻧَﺃ ْﻞُﻗَﻭ َﻥﻮُﻤﻴِﻘَﺘْﺴُﻣ ُﻪَﻟ : ﻚْﻴَﻠَﻋ ُﺲْﻴَﻜْﻟﺍ , ﻚْﻴَﻠَﻋ

ُﺲْﻴَﻜْﻟﺍ , ﻰَﺗَﺄَﻓ ُﻩَﺮَﺒْﺧَﺄَﻓ َﺮَﻤُﻋ ﻰَﻜَﺒَﻓ ُﺮَﻤُﻋ , َﻝﺎَﻗ َّﻢُﺛ : ﺎَﻳ ِّﺏَﺭ ﻮُﻟﺁ َﻻ َّﻻﺇ ﺎَﻣ ﺕْﺰَﺠَﻋ ُﻪْﻨَﻋ .

Telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah dari ‘Amasy dari Abi Shalih dari

Malik Ad Daar dan ia seorang bendahara gudang makanan pada pemerintahan

Umar. Ia berkata “Orang- orang mengalami kemarau panjang saat pemerintahan

Umar. Kemudian seorang laki- laki datang ke makam Nabi SAW dan berkata “Ya

Rasulullah SAW mintakanlah hujan untuk umatmu karena mereka telah binasa”.

Kemudian orang tersebut mimpi bertemu Rasulullah SAW dan dikatakan kepadanya

“datanglah kepada Umar dan ucapkan salam untuknya beritahukan kepadanya

mereka semua akan diturunkan hujan. Katakanlah kepadanya “bersikaplah bijaksana,

bersikaplah bijaksana”. Maka laki- laki tersebut menemui Umar dan menceritakan

kepadanya akan hal itu. Kemudian Umar berkata “Ya Tuhanku aku tidak melalaikan

urusan umat ini kecuali apa yang aku tidak mampu melakukannya”.

Hadis Malik Ad Daar ini juga diriwayatkan oleh Al Hafiz Abu Bakar Baihaqi dalam

Dalail An Nubuwah 7/ 47 hadis no 2974 dan Al Khalili dalam kitabnya Al Irsyad Fi

Ma’ rifah Ulama Al Hadits 1/313 . Keduanya dengan sanad masing-masing yang

bermuara pada ‘Amasy dari Abu Shalih dari Malik Ad Daar.

Hadist ini dishahihkan oleh Ibnu hajjar Al Asqolaniy dalam fathul Bari 3/441 Bab

dan juga oleh Ibnu Katsir dalam An Nihayahnya 7/106 . Meskipun Syaikh al Albani

mendhoifkannya dengan alasan yang dibuat-buatnya ( Suatu saat nanti dengan izin

Allah penulis akan menyangkal pernyataan Al Albani dalam At Tawassul 1/120 ).

Dengan demikian berdasarkan hadits tersebut, tawassul dengan Nabi Muhammad

baik ketika beliau masih hidup maupun setelah wafatnya adalah boleh dan bukan

perbuatan syirik.

Tawassul merupakan salah satu amalan yang sunnah dan tidak pernah diharamkan

oleh Rasulullah saw, tak pula oleh ijma para Sahabat Radhiyallahu’anhum, tak pula

oleh para tabi’in dan bahkan oleh para ulama serta imam-imam besar Muhadditsin,

bahkan Allah memerintahkannya, Rasul saw mengajarkannya, sahabat

radhiyallahu’ anhum mengamalkannya.

Mereka berdoa dengan perantara atau tanpa perantara, tak ada yang

mempermasalahkannya apalagi menentangnya bahkan mengharamkannya atau

bahkan memusyrikan orang yang mengamalkannya.

Tak ada pula yang membedakan antara tawassul pada yang hidup dan mati , karena

tawassul adalah berperantara pada kemuliaan seseorang, atau benda (seperti air liur

yg tergolong benda) dihadapan Allah, bukanlah kemuliaan orang atau benda itu

sendiri, dan tentunya kemuliaan orang dihadapan Allah tidak sirna dengan kematian,

justru mereka yang membedakan bolehnya tawassul pada yang hidup saja dan

mengharamkan pada yang mati, maka mereka itu malah dirisaukan akan terjerumus

pada kemusyrikan karena menganggap makhluk hidup bisa memberi manfaat,

sedangkan akidah kita adalah semua yang hidup dan yang mati tak bisa memberi

manfaat apa apa kecuali karena Allah memuliakannya, bukan karena ia hidup lalu ia

bisa memberi manfaat dihadapan Allah. Demi Allah bukan demikian, Tak ada

perbedaan dari yang hidup dan dari yang mati dalam memberi manfaat kecuali

dengan izin Allah swt. Yang hidup tak akan mampu berbuat terkecuali dengan izin

Allah swt dan yang mati pun bukan mustahil memberi manfaat bila memang di

kehendaki oleh Allah swt. (Lihat perkataan asy Syaukaniy yang dikutip oleh

Abdurrahman Al Mubarokfury dalam Tuhfatul Ahwadzi 8/476 )

Ketahuilah bahwa pengingkaran akan kekuasaan Allah swt atas orang yang mati

adalah kekufuran yang jelas, karena hidup ataupun mati tidak membedakan kodrat

Ilahi dan tidak bisa membatasi kemampuan Allah SWT. Ketakwaan mereka dan

kedekatan mereka kepada Allah SWT tetap abadi walau mereka telah wafat.

Imam Asy Syaukaniy dalam Kitab Faidhul Qodir 2/170 berkata :

ﻝﺎﻗ ﻲﻜﺒﺴﻟﺍ ﻞﺳﻮﺘﻟﺍ ﻦﺴﺤﻳﻭ ﺔﻧﺎﻌﺘﺳﻻﺍﻭ ﻊﻔﺸﺘﻟﺍﻭ ﻲﺒﻨﻟﺎﺑ ﻪﺑﺭ ﻰﻟﺇ ﻢﻟﻭ ﺮﻜﻨﻳ ﻚﻟﺫ ﺪﺣﺃ ﻦﻣ

ﻒﻠﺴﻟﺍ ﻻﻭ ﻒﻠﺨﻟﺍ ﻦﻣ ﻰﺘﺣ ﺀﺎﺟ ﻦﺑﺍ ﺔﻴﻤﻴﺗ ﺮﻜﻧﺄﻓ ﻝﺪﻋﻭ ﻚﻟﺫ ﻦﻋ ﻁﺍﺮﺼﻟﺍ ﻢﻴﻘﺘﺴﻤﻟﺍ ﻉﺪﺘﺑﺍﻭ ﺎﻣ

ﻢﻟ ﻪﻠﻘﻳ ﻢﻟﺎﻋ ﻪﻠﺒﻗ

“ Imam Subuki berkata,tawassul , minta tolong dan minta syafaat kepada Alloh

melalui Nabi adalah baik dan tidak ada satupun ulama salaf dan kholaf yang

mengingkarinya, hingga datanglah Ibnu Taymiyyah yang mengingkarinya,

menganggapnya berpaling dari jalan yang lurus serta membid’ahkannya padahal

tidak ada seorang alim pun sebelumnya yang berkata seperti itu”.

Sebagian sahabat berusaha untuk menyangkal dibolehkannya tawassul dengan

mengkritik sanad sebuah hadist tentang tawasssulnya Nabi adam Alaihissalam

dengan kemuliaan Nabiyullah Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh Imam hakim

dalam Mustadroknya, hadist tersebut berbunyi :

ﻮﺑﺃ ﺎﻨﺛﺪﺣ ﺪﻴﻌﺳ ﻭﺮﻤﻋ ﻦﺑ ﺪﻤﺤﻣ ﻦﺑ ﻝﺪﻌﻟﺍ ﺭﻮﺼﻨﻣ ﺎﻨﺛ ﻦﺴﺤﻟﺍ ﻮﺑﺃ ﺪﻤﺤﻣ ﻦﺑ ﻕﺎﺤﺳﺇ ﻦﺑ ﻢﻴﻫﺍﺮﺑﺇ

ﻲﻠﻈﻨﺤﻟﺍ ﻮﺑﺃ ﺎﻨﺛ ﺪﺒﻋ ﺙﺭﺎﺤﻟﺍ ﻪﻠﻟﺍ ﻦﺑ ﻢﻠﺴﻣ ﻱﺮﻬﻔﻟﺍ ﺎﻨﺛ ﻞﻴﻋﺎﻤﺳﺇ ﻦﺑ ﺔﻤﻠﺴﻣ ﺄﺒﻧﺃ ﺪﺒﻋ ﻦﻤﺣﺮﻟﺍ ﻦﺑ

ﺪﻳﺯ ﻦﺑ ﻢﻠﺳﺃ ﻦﻋ ﻪﻴﺑﺃ ﻦﻋ ﻩﺪﺟ ﻦﻋ ﺮﻤﻋ ﻦﺑ ﺏﺎﻄﺨﻟﺍ ﻝﺎﻗ : ﻝﺎﻗ ﻪﻠﻟﺍ ﻝﻮﺳﺭ ) ] ﺎﻤﻟ ﻑﺮﺘﻗﺍ ﻡﺩﺁ

ﻝﺎﻗ ﺔﺌﻴﻄﺨﻟﺍ : ﺎﻳ ﻚﻟﺄﺳﺃ ﺏﺭ ﻖﺤﺑ ﺪﻤﺤﻣ ﻻﺇ ﺕﺮﻔﻏ ﺎﻣ ﻲﻟ ﻪﻠﻟﺍ ﻝﺎﻘﻓ ﻰﻟﺎﻌﺗ : ﺎﻳ ﻡﺩﺁ ﻒﻴﻛ ﺖﻓﺮﻋ

ًﺍﺪﻤﺤﻣ ﻪﻘﻠﺧﺃ ﻢﻟﻭ ؟ ﻝﺎﻗ : ﺎﻳ ﺏﺭ ﺎﻤﻟ ﻚﻧﺇ ﻲﻨﺘﻘﻠﺧ ﺖﻌﻓﺭ ﺖﻳﺃﺮﻓ ﻲﺳﺃﺭ ﻰﻠﻋ ﻢﺋﺍﻮﻗ ﺵﺮﻌﻟﺍ

ًﺎﺑﻮﺘﻜﻣ )) ﻻ ﻪﻟﺇ ﻻﺇ ﻪﻠﻟﺍ ﻝﻮﺳﺭ ﺪﻤﺤﻣ ﻪﻠﻟﺍ (( ﺖﻤﻠﻌﻓ ﻚﻧﺇ ﻢﻟ ﻒﻀﺗ ﻰﻟﺇ ﻚﻤﺳﺍ ﺐﺣﺃ ﻻﺇ ﻖﻠﺨﻟﺍ

ﻚﻴﻟﺇ ﻝﺎﻘﻓ ﻪﻠﻟﺍ ﻰﻟﺎﻌﺗ ﺖﻗﺪﺻ ﺎﻳ ﻡﺩﺁ ﻪﻧﺇ ﺐﺣﻷ ﺍﺫﺇﻭ ّﻲﻟﺇ ﻖﻠﺨﻟﺍ ﻲﻨﺘﻟﺄﺳ ﻪﻘﺤﺑ ﺪﻘﻓ ﻚﻟ ﺕﺮﻔﻏ

ﻻﻮﻟﻭ ﺪﻤﺤﻣ ﻚﺘﻘﻠﺧ ﺎﻣ ( ﻩﺍﻭﺭ ﻢﻛﺎﺤﻟﺍ ﻪﺤﺤﺻﻭ .(

Abu Said Amr bin Muhammad bin Manshur al- Adl menyampaikan hadits kepada

kami dari Abu Hasan Muhammad bin Ishaq bin Ibrahim al- Hanzhali dari Abu al-

Harits Abdullah bin Muslim al-Fihri dari Ismail bin Maslamah dari Abdurrahman bin

Zaid bin Aslam dari ayahnya dari kakeknya dari Umar bin Khathab bahwa Rasulullah

saw bersabda, “Ketika Nabi Adam melakukan kesalahan, ia berdoa, ‘Ya Tuhanku, aku

memohon kepada-Mu dengan hak Muhammad agar Engkau mengampuniku.’ Maka

Allah berfirman, ‘Wahai Adam, bagaimana kamu mengetahui Muhammad dan aku

belum menciptakannya?’ Adam menjawab, ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau

ketika menciptakanku, aku mengangkat kepalaku, lalu aku melihat tulisan di

penyangga- penyangga Arsy ‘Tidak ada tuhan selain Allah, Muhammad utusan Allah’ .

Maka aku tahu bahwa sesungguhnya Engkau tidak menyandingkan nama- Mu kecuali

kepada makhluk yang paling Engkau sukai.’ Allah berfirman, ‘Kamu benar wahai

Adam. Sesungguhnya dia adalah makhluk yang paling aku sukai. Jika kamu meminta

kepadaku dengan haknya, maka aku mengampunimu. Jika bukan karena

Muhammad, aku tidak menciptakanmu.’”

Sepanjang pengetahuan penulis Abdurrahman Bin Zaid Bin Aslam adalah rawi yang

dilemahkan oleh para ulama hadits dan hampir semua kitab rijal hadits menjarhnya

bahkan Adz Dzahabi menganggapnya pemalsu hadist. Oleh karena itu secara kasat

mata hadits ini jelas gugur sebagai hujjah karena kedhoifan rawinya, sehingga tidak

perlu untuk diperbincangkan lagi. Akan tetapi kehujjahan tawassul tidak serta merta

gugur dengan runtuhnya hadits di atas, sebab hadist-hadist yang telah penulis

paparkan dimuka sudah sangat cukup untuk menegaskan kepada kita bahwa

tawassul kepada Nabi baik ketika beliau masih hidup atau sesudah wafatnya adalah

hal yang diperbolehkan.

Ibnu Katsir dalam Sirah Nabawiyyah 1/320 mengutip hadist ini dan mengatakan

bahwa Abdurrahman Bin Zaid Bin aslam ini diperbincangkan, sementara al baihaqi

mendhoifkannya.

Al Alamah Muhammad Bin Alwi Al Maliki meriwayatkannya dalam Mafahim Yajiibu

An Tushohah dan beliau mengikuti penshahihan al Hakim. Al Hafidz Al Qostholaniy

juga menshahihkan hadist ini dalam kitab Mawahib 2/392 . Penerimaan mutlak Al

Maliki terhadap penshahihan al hakim maupun al Qostholaniy ini bukanlah suatu

perbuatan tercela, sebab dalam ushulul hadist dijelaskan jika seorang hafidz

mu’tamad menghukumi shahih suatu hadist, maka diperbolehkan untuk

menerimanya secara mutlak. Hal ini pun diungkapkan oleh Syaikh Yusuf Qaradhawiy

ketika menanggapi kritikan al Albani dalam Ghayatul marom.

Oleh sebab itu, kritik terhadap cara penshahihan Al Maliki tersebut sangat tidak

tepat, namun mengkritisi sanad hadits riwayat Al Hakim di atas adalah terpuji. Sebab

bisa jadi ada yang tampak oleh ulama’ satu akan tetapi tersembunyi dari ulama’

lainnya.

Wallohu a’lam


Published with Blogger-droid v2.0.2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar