Sekali lalu saya melakukan pengecean pada salah satu plugin pada wordpress saya yang selalu saya gunakan untuk memantau lalu lintas keluar masuk pengunjung dari mesin pencari.
Sampai kemudian saya menemukan kalimat yang sama seperti judul artikel ini ” Cara Buat Attachment di Blog “. Buat saya kalimat ini sangat menarik dikarenakan saya yang keburu bingung saat membacanya. Attachment biasanya terdapat didalam email yaitu berupa file yang disertakan dalam surat (email) dan biasa ditulis hanya sebagai text-link.
Jika ada seseorang mencari Cara Buat Attachment di Blog maka asumsi saya mungkin yang dimaksud orang tersebut adalah link dalam artikel blog yang berupa file, hal ini karena biasanya dalam blog terdapat 2 jenis text-link.
Text-link file (berisi link download)
Text-link page (berisi link tautan menuju halaman lain)
Karena itu saya coba menulis sedikit tentang cara buat text-link pada artikel blog.
Secara gampang kan hanya menuliskan kode html dari text-link seperti berikut
<a href=”http://selfishyayun.com/gambar.jpg”> gambar.jpg </a>
Dan jika kita menggunakan WordPress, caranya mudah sekali karena sudah tersedia submenu untuk membuatnya yaitu pada tombol “link” yang terdapat diatas kolom artikel.
Cara yang lain adalah melalui Media Library, caranya mengupload dulu file yang akan dimasukkan dalam artikel. Setelah file sukses diupload maka akan muncul beberapa kolom yang biasanya diisi informasi tamnahan untuk file yang baru saja diupload. Tapi lewatkan saja semua dan cukup klik tombol “insert into post” dan otomatis file tersebut tersemat dalam artikel.
Sangat simple sekali bukan? selamat mencoba….
Sumber, http://selfishyayun.com/blog/cara-buat-attachment-di-blog/