Minggu, November 27, 2011

Tauhid, Tujuan Manusia Diciptakan, dan Bahaya Besar Kesyirikan

TAK JARANG DARI UMAT MANUSIA YANG BELUM MEMAHAMI DENGAN

SEBENARNYA AKAN HAKEKAT KEBERADAANNYA DI MUKA BUMI INI.

SEBAGIAN MEREKA BERANGGAPAN BAHWA HIDUP INI HANYALAH PROSES

ALAMIAH UNTUK MENUJU KEMATIAN. SEHINGGA HIDUP INI TAK UBAHNYA

HANYALAH MAKAN, MINUM, TIDUR, BERAKTIFITAS DAN MATI, LALU SELESAI!

TANPA ADANYA PERTANGGUNGJAWABAN AMAL DI HARI KIAMAT KELAK.

ALLAH , PENCIPTA SEMESTA ALAM MENGINGKARI ANGGAPAN BATIL INI

DENGAN FIRMAN- NYA (ARTINYA) : “DAN MEREKA BERKATA: “KEHIDUPAN INI

TIDAK LAIN HANYALAH KEHIDUPAN DI DUNIA SAJA, (SEBAGIAN) KAMI ADA

YANG MATI DAN SEBAGIAN LAGI ADA YANG HIDUP (LAHIR) . DAN TIDAK ADA

YANG MEMBINASAKAN KITA KECUALI MASA.” MEREKA SEKALI-KALI TIDAK

MENGERTI TENTANG HAL ITU, MEREKA TIDAK LAIN HANYALAH MENDUGA-

DUGA SAJA.” (AL JATSIYAH: 24)

BILA DEMIKIAN KEADAANNYA, LALU APA TUJUAN DICIPTAKANNYA KITA DI

MUKA BUMI INI?

TUJUAN DICIPTAKANNYA MANUSIA

PARA PEMBACA, SESUNGGUHNYA KEBERADAAN KITA DI MUKA BUMI INI

TIDAKLAH SIA- SIA BELAKA. ALLAH BERFIRMAN (ARTINYA) : “APAKAH KALIAN

MENGIRA BAHWA KAMI MENCIPTAKAN KALIAN SIA- SIA BELAKA?” (AL

MU’MINUN : 115)

BAHKAN DENGAN TEGAS ALLAH MENYATAKAN (ARTINYA) : “TIDAKLAH AKU

CIPTAKAN JIN DAN MANUSIA KECUALI UNTUK BERIBADAH (MENGESAKAN

IBADAHNYA) KEPADA- KU, AKU TIDAK MENGHENDAKI RIZKI SEDIKITPUN

DARI MEREKA DAN AKU TIDAK MENGHENDAKI SUPAYA MEREKA MEMBERI

MAKAN PADA-KU, SESUNGGUHNYA ALLAH DIALAH YANG MAHA PEMBERI

RIZKI YANG MEMPUNYAI KEKUATAN LAGI MAHA SANGAT KUAT” (ADZ

DZARIYAT: 56- 58)

TENTUNYA, IBADAH DI SINI HANYALAH BERHAK DIBERIKAN KEPADA ALLAH

SEMATA, KARENA DIA-LAH SATU- SATUNYA PENCIPTA KITA DAN SELURUH

ALAM SEMESTA INI. ALLAH BERFIRMAN (ARTINYA) : “HAI MANUSIA

BERIBADAHLAH KEPADA RABBMU YANG TELAH MENCIPTAKANMU DAN

ORANG-ORANG YANG SEBELUMMU, AGAR KAMU BERTAQWA. DIALAH YANG

MENJADIKAN BUMI SEBAGAI HAMPARAN BAGIMU DAN LANGIT SEBAGAI

ATAP. DAN DIA YANG MENURUNKAN AIR (HUJAN) DARI LANGIT, LALU DIA

MENGHASILKAN DENGAN SEBAB ITU SEGALA BUAH-BUAHAN SEBAGAI RIZKI

UNTUKMU, KARENA ITU JANGANLAH KAMU MENJADIKAN SEKUTU- SEKUTU

BAGI ALLAH PADAHAL KAMU MENGETAHUI.” (AL BAQARAH: 21- 22)

DEMIKIANLAH HIKMAH DAN TUJUAN PENCIPTAAN KITA DI MUKA BUMI INI.

MAKNA IBADAH

SYAIKHUL ISLAM IBNU TAIMIYYAH BERKATA: “IBADAH ADALAH SUATU

NAMA YANG MENCAKUP SELURUH PERKARA YANG DICINTAI OLEH ALLAH

DAN DIRIDHAI- NYA BAIK BERUPA UCAPAN MAUPUN PERBUATAN, BAIK

YANG DHAHIR MAUPUN BATIN.”

ASAL IBADAH ADALAH KETUNDUKAN DAN PERENDAHAN DIRI. SUATU

IBADAH TIDAKLAH DIKATAKAN IBADAH SAMPAI PELAKUNYA BERTAUHID

YAITU MENGIKHLASHKAN PERIBADATAN HANYA KEPADA ALLAH DAN

MENIADAKAN SEGALA SESEMBAHAN KEPADA SELAIN ALLAH . ATAS DASAR

ITU IBNU ABBAS BERKATA: “MAKNA BERIBADAH KEPADA ALLAH ADALAH

TAUHIDULLAH (YAITU MENGESAKAN PERIBADAHAN HANYA KEPADA ALLAH).

ITULAH REALISASI DARI KALIMAT TAUHID ‘LAILAHAILALLAH’ . KALIMAT

TAUHID INI MERUPAKAN KALIMAT YANG SANGAT AKRAB DENGAN KITA,

BAHKAN KALIMAT INILAH YANG KITA JADIKAN SEBAGAI PANJI TAUHID DAN

IDENTITAS KEISLAMAN. IA SANGAT MUDAH DIUCAPKAN, NAMUN

MENUNTUT ADANYA SEBUAH KONSEKUENSI YANG AMAT BESAR. OLEH

KARENA ITU, ALLAH GELARI KALIMAT INI DENGAN “AL ‘URWATUL

WUTSQO” (BUHUL TALI YANG AMAT KUAT YANG TIDAK AKAN PUTUS),

SEBAGAIMANA DALAM FIRMAN- NYA: “TIDAK ADA PAKSAAN UNTUK

(MEMASUKI) AGAMA (ISLAM), SESUNGGUHNYA TELAH JELAS JALAN YANG

BENAR DARI JALAN YANG SESAT. KARENA ITU BARANGSIAPA YANG INGKAR

KEPADA THAGHUT (SEGALA APA YANG DIIBADAHI SELAIN ALLAH) DAN

BERIMAN KEPADA ALLAH, MAKA SUNGGUH IA TELAH BERPEGANG KEPADA

BUHUL TALI YANG AMAT KUAT YANG TIDAK AKAN PUTUS. DAN ALLAH

MAHA MENDENGAR LAGI MAHA MENGETAHUI.” (AL BAQARAH: 256)

DAKWAH TAUHID ADALAH MISI UTAMA YANG DIEMBAN PARA RASUL

TUJUAN POKOK DIUTUSNYA PARA RASUL ADALAH MENYERU UMAT

MANUSIA AGAR BERIBADAH HANYA KEPADA ALLAH SEMATA, DAN

MELARANG DARI PERIBADATAN KEPADA SELAIN- NYA, SEBAGAIMANA ALLAH

BERFIRMAN (ARTINYA) : “SUNGGUH TIDAKLAH KAMI MENGUTUS SEORANG

RASUL PADA SETIAP KELOMPOK MANUSIA KECUALI UNTUK MENYERUKAN:

“BERIBADAHLAH KALIAN KEPADA ALLAH SAJA DAN TINGGALKAN THAGHUT

(YAKNI SESEMBAHAN SELAIN ALLAH).” (AN NAHL: 36)

“DAN KAMI TIDAK MENGUTUS SEORANG RASUL PUN SEBELUM KAMU,

MELAINKAN KAMI WAHYUKAN PADANYA BAHWA TIDAK ADA SESEMBAHAN

YANG HAQ DIIBADAHI MELAINKAN AKU, MAKA BERIBADAHLAH KEPADA-

KU”. (AL ANBIYA’: 25)

NABI NUH SEBAGAI SEORANG RASUL PERTAMA MENGAJAK UMATNYA

KEPADA TAUHID SELAMA 950 TAHUN. DEMIKIAN PULA

RASULULLAH SHALALLAHU ‘ALAIHI WASALAM SELAMA 13 TAHUN TINGGAL

DI MEKKAH MENYERU UMATNYA KEPADA TAUHID DAN DILANJUTKAN DI

MADINAH, SAMPAI-SAMPAI MENJELANG WAFAT PUN BELIAU TETAP

MEWANTI-WANTI TENTANG PENTINGNYA TAUHID DAN BAHAYANYA SYIRIK,

BELIAU BERKATA:

“ALLAH MELAKNAT ORANG- ORANG YAHUDI DAN NASHRANI KARENA

MEREKA MENJADIKAN KUBURAN NABI MEREKA SEBAGAI SEBAGAI MASJID-

MASJID.” (MUTTAFAQUN ‘ALAIHI ).

SEBAGAIMANA PULA YANG BELIAU WASIATKAN KEPADA SAHABAT MU’ADZ

BIN JABAL T TATKALA DIUTUS KE NEGERI YAMAN:

“SESUNGGUHNYA KAMU AKAN MENDATANGI SEKELOMPOK KAUM DARI

AHLUL KITAB, MAKA JADIKANLAH YANG PERTAMA KALI DALAM DAKWAHMU,

(AJAKAN) SUPAYA MEREKA MAU BERTAUHID KEPADA ALLAH .” (HR. MUSLIM)

TAUHID ADALAH SOLUSI DARI PROBLEMA UMAT

DI KANCAH PERSELISIHAN DAKWAH DENGAN LAHIRNYA BERBAGAI MACAM

BENDERA-BENDERA ISLAM YANG SEMUANYA MENGATASNAMAKAN ISLAM.

SEBAGIAN MEREKA MENGATAKAN ISLAM TIDAK AKAN MAJU DAN MULIA

SELAMA TIDAK MEMPERHATIKAN SISI EKONOMI KAUM MUSLIMIN. YANG

LAIN BERPANDANGAN BAHWA MEDAN POLITIK ADALAH SOLUSI UMAT,

MERAIH KEKUASAN ADALAH TARGET UTAMA SEBAGAI JEMBATAN PENEGAK

SYARI’AT DI MUKA BUMI, DAN SEKIAN BANYAK LOGIKA-LOGIKA YANG

HANYA BERDASARKAN KEPADA PERASAAN ATAUPUN EMOSIONAL SEMATA

TANPA DIDASARI DENGAN ILMU.

PARA PEMBACA YANG MULIA, PERHATIKANLAH BERITA PENEGASAN DARI

ALLAH , BAHWA DAKWAH TAUHID YANG MERUPAKAN TUJUAN DIUTUSNYA

PARA RASUL DAN PARA NABI, DAN DITURUNKANNYA KITAB-KITAB SUCI

DARI LANGIT, ADALAH FAKTOR TERBESAR UNTUK MERAIH KEJAYAAN,

MENGANGKAT KEHORMATAN, KEMULIAAN DAN KESEJAHTERAAN KAUM

MUSLIMIN. ALLAH BERFIRMAN (ARTINYA) : “DAN ALLAH TELAH BERJANJI

KEPADA ORANG- ORANG YANG BERIMAN DI ANTARA KAMU DAN

MENGERJAKAN AMAL-AMAL YANG SHALIH BAHWA DIA BENAR- BENAR AKAN

MENJADIKAN MEREKA BERKUASA DI BUMI, SEBAGAIMANA DIA TELAH

MENJADIKAN ORANG- ORANG YANG SEBELUM MEREKA BERKUASA, DAN

SUNGGUH DIA AKAN MENEGUHKAN BAGI MEREKA AGAMA YANG TELAH

DIRIDHAI-NYA UNTUK MEREKA, DAN DIA BENAR-BENAR AKAN MENUKAR

(KEADAAN) MEREKA, SESUDAH MEREKA BERADA DALAM KETAKUTAN

MENJADI AMAN SENTOSA. YAITU MEREKA TETAP BERIBADAH HANYA

KEPADA- KU DENGAN TIADA MEMPERSEKUTUKAN-KU DENGAN SESUATU

PUN. DAN BARANGSIAPA YANG (TETAP) KAFIR SESUDAH (JANJI) ITU, MAKA

MEREKA ITULAH ORANG- ORANG YANG FASIK.” (AN NUR: 55)

“JIKALAU PENDUDUK NEGERI-NEGERI BERIMAN DAN BERTAKWA, PASTILAH

KAMI MELIMPAHKAN BERKAH DARI LANGIT DAN BUMI.” (AL A’RAF : 96)

DAN TAUHID MERUPAKAN LANDASAN UTAMA DARI SEBUAH KEIMANAN

DAN KETAKWAAN.

KEUTAMAAN TAUHID

ALLAH SUBHANAHU WA TA’ ALA TIDAKLAH MEWAJIBKAN SUATU PERKARA,

MELAINKAN PASTI PADANYA TERDAPAT KEUTAMAAN- KEUTAMAAN YANG

SANGAT MULIA. BEGITU PULA DENGAN “TAUHID” YANG MERUPAKAN

PERKARA PALING WAJIB DARI PERKARA-PERKARA YANG PALING WAJIB,

TENTUNYA PASTI MEMPUNYAI BERBAGAI KEUTAMAAN.

DI ANTARA KEUTAMAANNYA IALAH:

1. TAUHID ADALAH TINGKAT KEIMANAN YANG TERTINGGI

KITA KETAHUI BAHWA IMAN ITU BERTINGKAT-TINGKAT, DAN TINGKATAN

YANG TERTINGGI ADALAH KALIMAT TAUHID LAA ILAAHA ILLALLAH.

RASULULLAH R BERSABDA:

“IMAN ITU ADA ENAM PULUH CABANG LEBIH, YANG PALING TINGGI ADALAH

PERKATAAN/UCAPAN LAA ILAAHA ILLALLAH DAN YANG PALING RENDAH

ADALAH MENYINGKIRKAN GANGGUAN DARI JALAN.” (HR. MUSLIM)

2. TAUHID SEBAGAI SYARAT DITERIMANYA SUATU IBADAH

ALLAH SUBHANAHU WA TA’ ALA BERFIRMAN (ARTINYA):

“SEANDAINYA MEREKA MENYEKUTUKAN ALLAH, NISCAYA LENYAPLAH DARI

MEREKA AMALAN YANG TELAH MEREKA KERJAKAN.” (AL AN’AM : 88)

3. TAUHID MERUPAKAN SEBAB BAGI DATANGNYA AMPUNAN ALLAH

SUBHANAHU WA TA’ALA

HAL INI DIDASARKAN KEPADA FIRMAN ALLAH SUBHANAHU WA TA’ ALA :

“SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MENGAMPUNI DOSA SYIRIK (KETIKA

PELAKUNYA MENINGGAL DUNIA DAN BELUM BERTAUBAT DARINYA), DAN DIA

MENGAMPUNI DOSA YANG DI BAWAH SYIRIK BAGI SIAPA SAJA YANG

DIKEHENDAKI- NYA.” (AN NISA’ : 48 & 116)

4. TAUHID SEBAGAI JAMINAN MASUK KE SURGA (AL JANNAH) TANPA HISAB

KETIKA PARA SHAHABAT BERTANYA-TANYA TENTANG 70. 000 ORANG DARI

UMAT MUHAMMAD SHALALLAHU ‘ALAIHI WASALAM YANG MASUK SURGA

TANPA HISAB DAN TANPA ADZAB, MAKA RASULULLAH SHALALLAHU ‘ALAIHI

WASALAM BERSABDA:

“… MEREKA ADALAH ORANG- ORANG YANG TIDAK MINTA DIRUQYAH, TIDAK

MINTA DI KAY DAN TIDAK MENGUNDI NASIB DENGAN BURUNG DAN

SEJENISNYA DAN MEREKA BERTAWAKKAL HANYA KEPADA ALLAH.” (H.R . AT

TIRMIDZI)

5. ORANG YANG TAUHIDNYA BENAR PASTI AKAN MASUK AL JANNAH

HAL INI SEBAGAIMANA SABDA RASULULLAH SHALALLAHU ‘ALAIHI

WASALAM :

“BARANGSIAPA BERTEMU ALLAH DALAM KEADAAN TIDAK MENYEKUTUKAN-

NYA DENGAN SESUATU, NISCAYA DIA AKAN MASUK SURGA.” (H.R . MUSLIM)

6. TAUHID MERUPAKAN SUMBER KEAMANAN

SEBAGAIMANA FIRMAN ALLAH (ARTINYA) : “ORANG- ORANG YANG BERIMAN

DAN TIDAK MENCAMPURADUKKAN KEIMANAN MEREKA DENGAN

KEDHALIMAN (KESYIRIKAN) , MEREKA ITULAH YANG MENDAPAT KEAMANAN

DAN MEREKA ITU ADALAH ORANG- ORANG YANG MENDAPAT PETUNJUK.” (AL

AN’AM : 82)

BAGAIMANAKAH BAHAYA SYIRIK ?

SYIRIK MERUPAKAN LAWAN DARI TAUHID. KALAU TAUHID MENGANDUNG

MAKNA MENUNGGALKAN ALLAH DALAM HAL IBADAH, MAKA SYIRIK

MENGANDUNG MAKNA MENYEKUTUKAN ALLAH DALAM HAL IBADAH. DI

SAAT TAUHID MEMPUNYAI BANYAK KEUTAMAAN MAKA SEBALIKNYA SYIRIK

PUN SANGAT BERBAHAYA DAN MEMPUNYAI BANYAK MUDHARAT. DI

ANTARANYA ADALAH:

1. DOSA SYIRIK TIDAK AKAN DIAMPUNI OLEH ALLAH SUBHANAHU WA

TA’ALA

ALLAH SUBHANAHU WA TA’ ALA BERFIRMAN (ARTINYA):

“SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MENGAMPUNI DOSA SYIRIK (KETIKA

PELAKUNYA MENINGGAL DUNIA DAN BELUM BERTAUBAT DARINYA), DAN DIA

MENGAMPUNI DOSA YANG DI BAWAH SYIRIK BAGI SIAPA SAJA YANG

DIKEHENDAKI- NYA.” (AN NISA’ : 48 & 116)

2. KESYIRIKAN ADALAH KEDHALIMAN YANG BESAR

FIRMAN ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA (ARTINYA) : “SESUNGGUHNYA

KESYIRIKAN ADALAH KEDHALIMAN YANG BESAR.” (LUQMAN: 13)

3. ORANG YANG MENINGGAL DUNIA DALAM KEADAAN MUSYRIK AKAN

MASUK NERAKA DAN KEKAL DI DALAMNYA

ALLAH BERFIRMAN (ARTINYA) :

“SESUNGGUHNYA BARANGSIAPA YANG MENYEKUTUKAN ALLAH MAKA

SUNGGUH ALLAH MENGHARAMKAN BAGINYA SURGA, DAN TEMPAT

KEMBALINYA ADALAH NERAKA DAN TIDAK ADA PENOLONG BAGI ORANG-

ORANG YANG DHALIM.” (AL MAIDAH: 72)

RASULULLAH SHALALLAHU ‘ALAIHI WASALAM JUGA BERSABDA:

“BARANGSIAPA MENINGGAL DUNIA DAN DIA BERDO’A KEPADA SELAIN

ALLAH NISCAYA DIA MASUK NERAKA.” (HR. AL BUKHARI)

4. KESYIRIKAN PENYEBAB TERPECAH BELAHNYA UMAT

FIRMAN ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA (ARTINYA) :

“DAN JANGANLAH KAMU TERMASUK ORANG- ORANG YANG MENYEKUTUKAN

ALLAH, YAITU ORANG- ORANG YANG MEMECAH BELAH AGAMA MEREKA DAN

MEREKA MENJADI BEBERAPA GOLONGAN. TIAP- TIAP GOLONGAN MERASA

BANGGA DENGAN APA YANG ADA PADA GOLONGAN MEREKA.” (AR RUUM:

31- 32)

SEMOGA ALLAH MENJAUHKAN KITA SEMUA DARI KESYIRIKAN, DAN

MENJADIKAN KITA SEBAGAI HAMBA- HAMBA- NYA YANG BERTAUHID, DAN

PARA PENGHUNI JANNAH (SURGA )-NYA. AMIN…

Sumber : Kewajiban Bertauhid Dan Menjauhi Kesyirikan, Buletin Al- Ilmu 23

Syaban 1427 | 17 September 2006

http://www .buletin- alilmu.com /kewajiban-bertauhid- dan-menjauhi -

kesyirikan-2


Published with Blogger-droid v2.0.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar