Minggu, November 27, 2011

Antara Rasa Takut dan Rasa Harap (Khauf dan Roja`)

Antara Rasa Takut dan Rasa Harap (Khauf dan Roja`)

KHAUF (RASA TAKUT) DAN ROJA` (RASA HARAP) ADALAH DUA IBADAH YANG

SANGAT AGUNG. BILA KEDUANYA MENYATU DALAM DIRI SEORANG

MUKMIN, MAKA AKAN SEIMBANGLAH SELURUH AKTIVITAS KEHIDUPANNYA.

BAGAIMANA TIDAK, SEBAB DENGAN KHAUF AKAN MEMBAWA DIRINYA

UNTUK SELALU MELAKSANAKAN KETAATAN DAN MENJAUHI PERKARA YANG

DIHARAMKAN; SEMENTARA ROJA` AKAN MENGHANTARKAN DIRINYA UNTUK

SELALU MENGHARAP APA YANG ADA DI SISI RABB-NYA ‘AZZA WA JALLA.

PENDEK KATA DENGAN KHAUF (TAKUT) DAN ROJA` (PENGHARAPAN)

SEORANG MUKMIN AKAN SELALU INGAT BAHWA DIRINYA AKAN KEMBALI

KE HADAPAN SANG PENCIPTANYA (KARENA ADANYA RASA TAKUT),

DISAMPING IA AKAN BERSEMANGAT MEMPERBANYAK AMALAN-AMALAN

(KARENA ADANYA PENGHARAPAN).

ALLAH BERFIRMAN, “SESUNGGUHNYA ORANG- ORANG YANG BERHATI- HATI

KARENA TAKUT AKAN (AZAB) TUHAN MEREKA, DAN ORANG- ORANG YANG

BERIMAN DENGAN AYAT- AYAT TUHAN MEREKA, DAN ORANG- ORANG YANG

TIDAK MEMPERSEKUTUKAN TUHAN MEREKA (DENGAN SESUATU APAPUN),

DAN ORANG- ORANG YANG MEMBERIKAN APA YANG TELAH MEREKA

BERIKAN, DENGAN HATI YANG TAKUT (KARENA MEREKA TAHU BAHWA)

SESUNGGUHNYA MEREKA AKAN KEMBALI KEPADA TUHAN MEREKA, MEREKA

ITU BERSEGERA UNTUK MENDAPAT KEBAIKAN-KEBAIKAN DAN MEREKALAH

ORANG-ORANG YANG SEGERA MEMPEROLEHNYA.” [QS. AL- MUKMINUN:

57- 61].

‘AISYAH -RADHIYALLAHU ‘ANHA- PERNAH BERTANYA KEPADA ROSULULLAH -

SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM- APAKAH MEREKA ITU (YANG DIMAKSUD

DALAM AYAT DIATAS, RED) ADALAH ORANG-ORANG YANG MEMINUM

KHAMR, BERZINA, DAN MENCURI? ROSULULLAH MENJAWAB, “BUKAN!

WAHAI PUTRI ASH-SHIDDIQ. JUSTRU MEREKA ADALAH ORANG- ORANG

YANG MELAKUKAN SHOUM, SHOLAT, DAN BERSHODAQAH, DAN MEREKA

KHAWATIR TIDAK AKAN DITERIMA AMALANNYA. MEREKA ITULAH ORANG-

ORANG YANG BERGEGAS DALAM KEBAIKAN.” [HR. AT- TIRMIDZI DARI

'AISYAH].

ALLAH JUGA BERFIRMAN, “SESUNGGUHNYA MEREKA ADALAH ORANG-

ORANG YANG SELALU BERSEGERA DALAM (MENGERJAKAN) PERBUATAN-

PERBUATAN YANG BAIK DAN MEREKA BERDOA KEPADA KAMI DENGAN

HARAP DAN CEMAS.” [QS. AL-ANBIYA ': 90].

HAKIKAT KHAUF

KHAUF (TAKUT) ADALAH IBADAH HATI, TIDAK DIBENARKAN KHAUF INI

KECUALI TERHADAP- NYA SUBHANAHU WA TA’ ALA. KHAUF ADALAH SYARAT

PEMBUKTIAN KEIMANAN SESEORANG.

ALLAH BERFIRMAN: “SESUNGGUHNYA MEREKA ITU TIDAK LAIN SYAITAN-

SYAITAN YANG MENAKUT-NAKUTI (KAMU) DENGAN KAWAN- KAWANNYA

(ORANG- ORANG MUSYRIK QURAISY), KARENA ITU JANGANLAH KAMU TAKUT

KEPADA MEREKA, TETAPI TAKUTLAH KEPADA- KU JIKA KAMU BENAR- BENAR

ORANG YANG BERIMAN.” [QS. ALI IMRAN: 175].

APABILA KHAUF KEPADA ALLAH BERKURANG DALAM DIRI SEORANG HAMBA,

MAKA INI SEBAGAI TANDA MULAI BERKURANGNYA PENGETAHUAN DIRINYA

TERHADAP RABB-NYA. SEBAB ORANG YANG PALING TAHU TENTANG ALLAH

ADALAH ORANG YANG PALING TAKUT KEPADA- NYA.

RASA KHAUF AKAN MUNCUL DENGAN SEBAB BEBERAPA HAL, DI

ANTARANYA: PERTAMA, BILA SEORANG HAMBA MENGETAHUI DAN

MEYAKINI HAL- HAL YANG TERGOLONG PELANGGARAN DAN DOSA-DOSANYA

SERTA KEJELEKAN- KEJELEKANNYA; KEDUA, PEMBENARANNYA AKAN

ADANYA ANCAMAN ALLAH, BAHWA ALLAH AKAN MENYIAPKAN SIKSA ATAS

SEGALA KEMAKSIATAN; KETIGA, IA MENGETAHUI AKAN ADANYA

KEMUNGKINAN PENGHALANG ANTARA DIRINYA DAN TAUBATNYA.

PARA ULAMA MEMBAGI KHAUF MENJADI LIMA MACAM:

1. KHAUF IBADAH , YAITU TAKUT KEPADA ALLAH, KARENA DIA MAHAKUASA

ATAS SEGALA SESUATU, MEMULIAKAN SIAPA YANG DIKEHENDAKI- NYA DAN

MENGHINAKAN SIAPA YANG DIKEHENDAKI- NYA, MEMBERI KEPADA SIAPA

YANG DIKEHENDAKI- NYA, DAN MENAHAN DARI SIAPA YANG DIKEHENDAKI-

NYA. DI TANGAN-NYA- LAH KEMANFAATAN DAN KEMUDHARATAN. INILAH

YANG DIISTILAHKAN OLEH SEBAGIAN ULAMA DENGAN KHAUFUS-SIRR .

2. KHAUF SYIRIK , YAITU MEMALINGKAN IBADAH QALBIYAH INI KEPADA

SELAIN ALLAH, SEPERTI KEPADA PARA WALI, JIN, PATUNG- PATUNG, DAN

SEBAGAINYA.

3. KHAUF MAKSIAT, SEPERTI MENINGGALKAN KEWAJIBAN ATAU MELAKUKAN

HAL YANG DIHARAMKAN KARENA TAKUT DARI MANUSIA DAN TIDAK DALAM

KEADAAN TERPAKSA. ALLAH BERFIRMAN, “SESUNGGUHNYA MEREKA ITU

TIDAK LAIN SYAITAN- SYAITAN YANG MENAKUT-NAKUTI (KAMU) DENGAN

KAWAN-KAWANNYA (ORANG -ORANG MUSYRIK QURAISY), KARENA ITU

JANGANLAH KAMU TAKUT KEPADA MEREKA, TETAPI TAKUTLAH KEPADA- KU

JIKA KAMU BENAR-BENAR ORANG YANG BERIMAN.” [QS. ALI IMRAN: 175] .

4. KHAUF TABIAT, SEPERTI TAKUTNYA MANUSIA DARI ULAR, TAKUT SINGA,

TAKUT TENGGELAM, TAKUT API, ATAU MUSUH, ATAU SELAINNYA. ALLAH

BERFIRMAN TENTANG MUSA, “KARENA ITU, JADILAH MUSA DI KOTA ITU

MERASA TAKUT MENUNGGU-NUNGGU DENGAN KHAWATIR (AKIBAT

PERBUATANNYA).” [QS. AL- QASHASH: 18].

5. KHAUF WAHM , YAITU RASA TAKUT YANG TIDAK ADA PENYEBABNYA, ATAU

ADA PENYEBABNYA TETAPI RINGAN. TAKUT YANG SEPERTI INI AMAT

TERCELA BAHKAN AKAN MEMASUKKAN PELAKUNYA KE DALAM GOLONGAN

PARA PENAKUT.

HAKIKAT ROJA’

ADAPUN ROJA` SECARA BAHASA ARTINYA HARAPAN/CITA- CITA;

SEDANGKAN MENURUT ISTILAH IALAH BERGANTUNGNYA HATI DALAM

MERAIH SESUATU DI KEMUDIAN HARI. ROJA` MERUPAKAN IBADAH YANG

MENCAKUP KERENDAHAN DAN KETUNDUKAN, TIDAK BOLEH ADA KECUALI

KEPADA ALLAH ‘AZZA WA JALLA. MEMALINGKANNYA KEPADA SELAIN ALLAH

ADALAH KESYIRIKAN, BISA BERUPA SYIRIK BESAR ATAU PUN SYIRIK KECIL

TERGANTUNG APA YANG ADA DALAM HATI ORANG YANG TENGAH

MENGHARAP.

ROJA (HARAPAN/MENGHARAP ) TIDAKLAH MENJADIKAN PELAKUNYA TERPUJI

KECUALI BILA DISERTAI AMALAN. BERKATA IBNUL QOYYIM DALAM

“MADARIJUS- SALIKIN”: “..BAHWA ROJA` TIDAK AKAN SAH KECUALI JIKA

DIBARENGI DENGAN AMALAN. OLEH KARENA ITU, TIDAKLAH SESEORANG

DIANGGAP MENGHARAP APABILA TIDAK BERAMAL”.

ALLAH JUGA BERFIRMAN, “BARANG SIAPA MENGHARAP PERJUMPAAN

DENGAN TUHANNYA, MAKA HENDAKLAH IA MENGERJAKAN AMAL YANG

SHALEH DAN JANGANLAH IA MEMPERSEKUTUKAN SESUATUPUN DALAM

BERIBADAH KEPADA TUHANNYA.” [AL- KAHFI: 110] .

IBNUL QAYYIM -RAHIMAHULLAH- MEMBAGI ROJA` MENJADI TIGA BAGIAN,

DUA DI ANTARANYA ROJA`,YANG BENAR DAN TERPUJI PELAKUNYA, SEDANG

YANG LAINNYA TERCELA. ROJA` YANG MENJADIKAN PELAKUNYA TERPUJI,

PERTAMA: SESEORANG MENGHARAP DISERTAI DENGAN AMALAN TAAT

KEPADA ALLAH, DI ATAS CAHAYA ALLAH, IA SENANTIASA MENGHARAP

PAHALANYA; KEDUA: SESEORANG YANG BERBUAT DOSA LALU BERTAUBAT

DARINYA, DAN IA SENANTIASA MENGHARAP AMPUNAN ALLAH, KEBAIKAN-

NYA DAN KEMURAHAN-NYA. ADAPUN YANG MENJADIKAN PELAKUNYA

TERCELA: SESEORANG TERUS-MENERUS DALAM KESALAHAN- KESALAHANNYA

LALU MENGHARAP RAHMAT ALLAH TANPA DIBARENGI AMALAN; ROJA`

YANG SEPERTI INI HANYALAH ANGAN- ANGAN BELAKA, SEBUAH HARAPAN

YANG DUSTA.

ROJA` (RASA HARAP) MENUNTUT ADANYA KHAUF (RASA TAKUT)DALAM DIRI

SEORANG MUKMIN, YANG DENGAN ITU AKAN MEMACUNYA UNTUK

MELAKUKAN AMALAN-AMALAN SHOLEH; TANPA DISERTAI KHAUF, ROJA`

HANYA AKAN BERNILAI SEBUAH FATAMORGANA. SEBALIKNYA KHAUF JUGA

MENUNTUT ADANYA ROJA`; TANPA ROJA` KHAUF HANYALAH BERUPA

KEPUTUSASAAN TAK BERARTI.

JADI, KHAUF DAN ROJA` HARUS SENANTASA MENYATU DALAM DIRI

SEORANG MUKMIN DALAM RANGKA MENYEIMBANGKAN HIDUPNYA UNTUK

TETAP ISTIQOMAH MELAKSANAKAN PERINTAHNYA DAN MENJAUHI

LARANGAN-LARANGAN- NYA, MENGHARAP PAHALA DAN TAKUT AKAN SIKSA-

NYA. KEDUANYA (KHAUF DAN ROJA`) IBARAT DUA SAYAP BURUNG YANG

DENGANNYA IA DAPAT MENJALANI KEHIDUPANNYA DENGAN SEMPURNA.

WAL ‘ILMU ‘INDALLAH .

Disadur (diringkas) dari tulisan Abu Hamzah Al-Atsary .

Sumber bacaan:

1. Al-Quranul Karim

2. Syarh Tsalatsatul Ushul

3. Taisirul Wushul ilaa Nailil ma’mul

4. Al-Madkhal Lid-dirosatil Aqidah Al-Islamiyyah

5. Madarijus-salikin

Sumber : Buletin Al Wara’ Wal bara’ ,  Edisi ke-6 Tahun ke-2 / 02 Januari 2004

M / 10 Dzul Qo’dah 1424 H


Published with Blogger-droid v2.0.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar