Jumat, November 25, 2011

Al Futuhat

(Al Futuhat)

Hidup adalah ibadah

Dalam ayat-Nya Allah berfirman,

Wama kholaqtul jinna wal insa illa liya'buduun

Lama aku tidak percaya dengan ayat ini

Fikirku aku hanya disuruh shalat, puasa dan dzikir

Apalagi ketika aku berfikir tentang ayat,

Wa'bud robbaka hatta ya'tiyakal yakin,

Demi Allah, aku tidak sanggup untuk beribadah terus menerus.. .

Aku bingung

Aku takut

Aku lari dari pendapatku sendiri

Suatu hari aku bertanya kepada guruku

Guruku mengatakan, "Tidak salah pendapatmu, tapi kurang".

Ketahuilah... ..

Dalam ayat lain Allah juga berfirman

Wala tansa nasibaka minaddunya

Dan La yukallifullahu nafsan illa wus'aha

Jelas Allah tidak hanya menyuruh kita untuksholat dan puasa

Allah juga menyuruh kita untukmencari dunia

Bahkan Allah melarang kita untuk membebani diri kita dengan beban yang berat

Sehingga kita tidak mampu memikulnya

Walaupun itu ibadah

Ketauhillah.. ...

Ibadah itu bukan bentuk lahirnya

Banyak perkara dunia yang berubah menjadi amal akhirat karena niat

Banyak perkara yang kadang menurut kita tidak ada nilainya tetapi

Disisi Allah sangat berharga

Engkau makan,minum , tidur, cari nafkah, menikah

Tetapi di niati untuk menguatkan ibadah

Itulah arti Wama kholaqtul jinna wal insa illa liyakbudun

Dan engkau dapat istiqomah sholat, puasa, dzikir

Dengan bantuan makan, minum dan menikah

Itulah arti Wa'bud robbaka hatta ya'tiyakal yaqin

Jika engkau sholat, puasa tetapi tidak makan dan minum

Pasti engkau akan mati

bukankah ini bunuh diri dan jelas tidak ibadah ?

Engkau hanya sholat, puasa dan dzikir tetapi tidak menikah

Sehingga suatu ketika terjerumus zina, apakah arti semua ibadahmu ?

Ingatlah Allah pencipta manusia dengan ukuran dan aturan

Janganlah engkau mempertahankan kebodohanmu

Janganlah engkau hancur hanya karena pemahamanmu yang salah

Dan ingatlah pesan Allah Alladzina yastami'unal qoula

Fayattabi'una ahsanah... ..

Orang- orang yang mendengarkan pendapat

Kemudian mengikuti pendapat yang paling bagus

Merekalah yang diberi petunjuk Allah

Dan merekalah orang-orang yang beruntung. ....


Published with Blogger-droid v2.0.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar