Sabtu, Februari 04, 2012

Fitnah dan Tuduhan Dusta Kelompok Sesat Hizbut Tahrir Terhadap Dakwah Syaikh Imam Muhammad bin Abdil Wahhab rahimahullahu

Fitnah dan Tuduhan Dusta Kelompok Sesat Hizbut Tahrir
Terhadap Dakwah Syaikh Imam Muhammad bin Abdil
Wahhab rahimahullahu
by abu salma
ﺕﺍﺀﺍﺮﺘﻓﺍ ﺕﺎﻣﺎﻬﺗﺍ ﻭ ﻝﺎﻀﻟﺍ ﺮﻳﺮﺤﺘﻟﺍ ﺏﺰﺣ ﻰﻠﻋ ﺦﻴﺸﻟﺍ ﺓﻮﻋﺩ ﻡﺎﻣﻹﺍ ﺪﻤﺤﻣ ﻦﺑ ﺏﺎﻫﻮﻟﺍ ﺪﺒﻋ ﻪﻤﺣﺭ ﻪﻠﻟﺍ
ﺩﺍﺪﻋﺇ :
ﻮﺑﺃ ﺪﻤﺤﻣ ﻰﻤﻠﺳ ﻱﺮﺛﻷﺍ
Penyusun :
Abu Salma Muhammad al-Atsari
ْﻞُﻗَﻭ َﺀﺎَﺟ ُّﻖَﺤْﻟﺍ َﻖَﻫَﺯَﻭ ُﻞِﻃﺎَﺒْﻟﺍ َّﻥِﺇ َﻥﺎَﻛ َﻞِﻃﺎَﺒْﻟﺍ ﺎًﻗﻮُﻫَﺯ
“Dan katakanlah: Yang benar telah datang dan yang bathil telah lenyap. Sesungguhnya yang
batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.” (Al Isra : 81)
ْﻞَﺑ ُﻑِﺬْﻘَﻧ ِّﻖَﺤْﻟﺎِﺑ ﻰَﻠَﻋ ِﻞِﻃﺎَﺒْﻟﺍ ُﻪُﻐَﻣْﺪَﻴَﻓ ﺍَﺫِﺈَﻓ َﻮُﻫ ُﻢُﻜَﻟَﻭ ٌﻖِﻫﺍَﺯ ﺎَّﻤِﻣ ُﻞْﻳَﻮْﻟﺍ َﻥﻮُﻔِﺼَﺗ
“Sebenarnya Kami melontarkan yang haq kepada yang batil lalu yang haq itu
menghancurkannya, maka dengan serta merta yang batil itu lenyap.” (QS. Al-Anbiya’ : 18).
Tidaklah setiap orang yang datang di dunia ini dengan membawa kebaikan, melainkan dia
pasti memiliki musuh-musuh dari kalangan jin dan manusia, sampai-sampai para
anbiya’ (para Nabi) juga tidak lepas dari permusuhan ini [1] . Begitu juga permusuhan mereka
terhadap para ulama pengibar panji dakwah al-Haq ini mereka lakukan dengan sengit dan
dengan kedengkian yang luar biasa.Hal ini seperti apa yang dialami oleh Syaikhul Islam
Ahmad bin Abdil Halim Ibnu Taimiyah al-Harrani rahimahullahu , yang mana dakwah beliau
difitnah, disudutkan dan dituduh dengan kedustaan-kedustaan. Bahkan beliau sampai-
sampai divonis kafir murtad oleh ahlul bida’ wal ahwa’ , (pengikut kebid’ahan dan hawa
Nafsu) dicerca dan dilabeli dengan tuduhan-tuduhan keji semisal mujassim [2] , musyabbih
[3] , hasyawiyah[4] dan nashibah [5] .Diantaranya pula apa yang mereka lakukan terhadap
asy-Syaikhul Imam Muhammad bin Abdil Wahhab rahimahullahu , yang mana para musuh-
musuh dakwah memerangi dakwahnya dan menfitnahnya dengan tuduhan-tuduhan dusta
dan fitnah, agar manusia menjauh dari dakwah mubarokah (yang diberkahi) ini dan agar
manusia senantiasa melanggengkan kesyirikan dan kebid’ahan yang dipelihara oleh ulama-
ulama suu’ (jahat) yang mereka warisi dari kalangan shufiyun quburiyun (pengikut thariqat
sufi dan penyembah/pengkultus kuburan) dan syi’ah rafidhah (aliran syi’ah yang
mengkafirkan para sahabat Nabi) serta kaum ilmaniyyun (sekuler) dan mustasyriqin
(orientalis) yang hasad terhadap Islam. Diantara para pendengki yang membenci dakwah
mubarokah ini adalah Hizbut Tahrir [6] , yang mencela dakwah Syaikh Muhammad bin Abdil
Wahhab dan menuduh beliau sebagai agen Inggris –nas’alullaha as-Salamah wal ‘Aafiyah
(kita memohon keselamatan kepada Allah) – dan dengan tuduhan-tuduhan dusta lainnya
yang mereka kumpulkan dari musuh-musuh dakwah dari kalangan shufiyun dan syi’ah .
Penyebab kami menyusun risalah ini adalah banyaknya tuduhan-tuduhan batil dan dusta
yang disebarkan oleh simpatisan juhala’ (orang-orang yang bodoh) Hizbut Tahrir di website-
website, mailing list-mailing list dan media-media informasi lainnya yang mengaburkan dan
menfitnah dakwah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab. Telah sampai kepada kami
beberapa tulisan ‘gelap’ yang ditulis oleh simpatisan HT, terutama yang disebarkan oleh Abu
Rifa’ al-Puari (baca : Abu Riya’ al-Buali dan seorang syabab (pemuda) HT yang bersembunyi
di balik nama al-Mujaddid
[7] (baca : al-Muharrif [8] atau al-Mudzabdzab [9] ) yang menulis artikel berjudul “Telaah
Kritis Sejarah Wahabi – Salafi” [10] .Risalah ini insya Alloh akan menjawab tuduhan-
tuduhan mereka secara gamblang dan ilmiah. Kami akan menunjukkan kebodohan mereka
terhadap aqidah salafiyah (aqidah Nabi dan Para sahabatnya) dan jauhnya mereka dari
manhaj shahih, kami akan mengungkap pengkhianatan mereka terhadap hakikat dakwah
Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab dan para pengikutnya.Setelah kami telaah dan baca
tulisan mereka, terutama tulisan al-Mudzabdzab dan Abu Riya’ al-Buali, kami dapatkan
bahwasanya mereka di dalam menulis bantahannya terhadap Syaikh Ibnu Abdil Wahhab
tidak keluar dari referensi kaum shufiyun quburiyun, seperti kitab Durorus Saniyyah fir
Raddi ‘ala Wahhabiyah[11] karya seorang shufi quburi Ahmad Zaini Dahlan dan referensi-
referensi yang tidak ilmiah serta tidak berdasar lainnya, seperti buku Kaifa Hudimat al-
Khilafah (bagaimana kekhalifan di hancurkan) karya pembesar mereka, Abdul Qodim Zallum
[12] . Mereka juga banyak menukil dari website-website shufiyah (berpemahaman tasawuf)
yang berbahasa Inggris, yang dikelola oleh pembesar shufiy di Amerika, seperti Nazhim al-
Qubrisi[13] dan Hisyam Kabbani [14] .Ada dua point utama yang akan kami komentari dan
klarifikasi dari tuduhan syabab Hizbut Tahrir ini, yaitu tuduhan yang menyatakan
bahwa :1. Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab dan pengikutnya memberontak dari
khilafah Utsmaniyah (di Turki).
2. Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab dan pengikutnya adalah seorang agen mata-mata
Inggris.
Dan masih banyak lagi sebenarnya tuduhan-tuduhan yang dilontarkan kepada beliau.
Namun kami rasa dua point di atas yang paling urgen/penting untuk dibahas, terlebih lagi
tuduhan-tuduhan lainnya terhadap Syaikh al-Imam rahimahullahu adalah tuduhan yang
begitu mudah untuk dibantah. Seperti misalnya, dikatakan bahwa Syaikh Muhammad bin
Abdil Wahhab tidak mencintai Rasulullah e dikarenakan beliau mengharamkan peringatan
Maulid Nabi e dan membid’ahkan sholawat kepada Nabi e. Bagaimana bisa dikatakan
bahwa beliau tidak mencintai Nabi e, padahal beliau senantiasa menegakkan sunnah Nabi,
membelanya dari makar ahlul bid’ah, bahkan beliau menulis muktashar sirah nabawiyah
(Ringkasan sejarah nabi) . Bagaimana bisa dikatakan bahwa beliau membid’ahkan sholawat
kepada nabi e, padahal beliau orang yang paling sering bersholawat kepada Nabi e, namun
beliau membid’ahkan sholawat-sholawat yang diciptakan kaum shufiyun yang di dalamnya
terdapat unsur ghuluw (sikap berlebih-lebihan)kepada Nabi [15] .Sebelum menjawab
syubuhat ini, kami nasehatkan kepada syabab Hizbut Tahrir yang mencela dakwah Syaikh
Muhammad bin Abdil Wahhab rahimahullahu dan selainnya. Ingatlah firman Alloh
Subhanahu wa Ta’ala berikut ini : َﻻَﻭ ُﻒْﻘَﺗ ﺎَﻣ َﺲْﻴَﻟ َﻚَﻟ ِﻪِﺑ َّﻥِﺇ ٌﻢْﻠِﻋ َﻊْﻤَّﺴﻟﺍ ُّﻞُﻛ َﺩﺍَﺆُﻔْﻟﺍَﻭ َﺮَﺼَﺒْﻟﺍَﻭ َﻥﺎَﻛ َﻚِﺌَﻟﻭُﺃ
ُﻪْﻨَﻋ ًﻻﻮُﺌْﺴَﻣ “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan
tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta
pertanggung jawabannya.” (Al- Israa’ : 36) َﻦﻴِﻨِﻣْﺆُﻤْﻟﺍ َﻥﻭُﺫْﺆُﻳ َﻦﻳِﺬَّﻟﺍَﻭ ِﺕﺎَﻨِﻣْﺆُﻤْﻟﺍَﻭ ﺎَﻣ ِﺮْﻴَﻐِﺑ ِﺪَﻘَﻓ ﺍﻮُﺒَﺴَﺘْﻛﺍ
ﺍﻮُﻠَﻤَﺘْﺣﺍ ﺎًﻧﺎَﺘْﻬُﺑ ﺎًﻤْﺛِﺇَﻭ ﺎًﻨﻴِﺒُﻣ
“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mu’min dan mu’minat tanpa kesalahan yang
mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang
nyata.” (Al Ahzab : 58) ْﻦَﻣَﻭ ًﺔَﺌﻴِﻄَﺧ ْﺐِﺴْﻜَﻳ ْﻭَﺃ ﺎًﻤْﺛِﺇ َّﻢُﺛ ِﻪِﺑ ِﻡْﺮَﻳ ﺎًﺌﻳِﺮَﺑ ِﺪَﻘَﻓ ﺎًﻧﺎَﺘْﻬُﺑ َﻞَﻤَﺘْﺣﺍ ﺎًﻨﻴِﺒُﻣ ﺎًﻤْﺛِﺇَﻭ
“Dan barangsiapa yang mengerjakan kesalahan atau dosa, kemudian di tuduhkannya kepada
orang yang tidak bersalah, maka sesungguhnya ia telah berbuat suatu kebohongan yang
nyata.” (An Nisa : 112) َﻦﻳِﺬَّﻟﺍ َّﻥِﺇ ﺍﻭُﺀﺎَﺟ ٌﺔَﺒْﺼُﻋ ِﻚْﻓِﺈْﻟﺎِﺑ ْﻢُﻜْﻨِﻣ ﺎَﻟ ُﻩﻮُﺒَﺴْﺤَﺗ ﺍًّﺮَﺷ ْﻢُﻜَﻟ ْﻞَﺑ َﻮُﻫ ٌﺮْﻴَﺧ ْﻢُﻜَﻟ ِّﻞُﻜِﻟ ٍﺉِﺮْﻣﺍ
ﺎَﻣ ْﻢُﻬْﻨِﻣ َﺐَﺴَﺘْﻛﺍ َﻦِﻣ ِﻢْﺛِﺈْﻟﺍ ﻱِﺬَّﻟﺍَﻭ ﻰَّﻟَﻮَﺗ ْﻢُﻬْﻨِﻣ ُﻩَﺮْﺒِﻛ ٌﺏﺍَﺬَﻋ ُﻪَﻟ ٌﻢﻴِﻈَﻋ . ﺎَﻟْﻮَﻟ ْﺫِﺇ َّﻦَﻇ ُﻩﻮُﻤُﺘْﻌِﻤَﺳ َﻥﻮُﻨِﻣْﺆُﻤْﻟﺍ ُﺕﺎَﻨِﻣْﺆُﻤْﻟﺍَﻭ
ْﻢِﻬِﺴُﻔْﻧَﺄِﺑ ﺍﻮُﻟﺎَﻗَﻭ ﺍًﺮْﻴَﺧ ٌﻚْﻓِﺇ ﺍَﺬَﻫ ٌﻦﻴِﺒُﻣ “Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu
adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi
kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan
dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bagian yang
terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar.Mengapa di waktu kamu
mendengar berita bohong itu orang-orang mu’minin dan mu’minat tidak bersangka baik
terhadap diri mereka sendiri, dan (mengapa tidak) berkata: “Ini adalah suatu berita bohong
yang nyata.” (An-Nur 11-12) Dengan bertabaruk (mencari berkah) kepada Asma Allah yang
Maha Pemurah Lagi Maha penyayang, kami memulai risalah bantahan terhadap musuh-
musuh dakwah ini dan pembelaan terhadap imam Ahlus Sunnah Syaikh Muhammad bin
Abdil Wahhab.
Pertama, Apakah Syaikh al-Imam Muhammad bin Abdil Wahhab memberontak dari
Khilafah Utsmaniyah??Mereka menuduh Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab khuruj
(keluar dari ketaatan/memberontak) terhadap Daulah Utsmaniyah dan memeranginya.
Pembesar Hizbut Tahrir, Abdul Qodim Zallum ghofarallahu lahu (semoga Allah
mengampuninya) mendakwakan bahwa gerakan Wahabiyyah merupakan diantara
penyebab runtuhnya Daulah Utsmaniyah. Dia berkata: “Inggris berupaya menyerang
negara Islam dari dalam melalui agennya, Abdul Aziz bin Muhammad bin Saud.
Gerakan Wahhabi diorganisasikan untuk mendirikan suatu kelompok masyarakat di
dalam negara Islam yang dipimpin oleh Muhammad bin Saud dan dilanjutkan oleh
anaknya, Abdul Aziz. Inggris memberi mereka bantuan dana dan senjata.” [16]
Sebelum menjawab tuduhan ini, maka lebih baik jika kita simak terlebih dahulu perkataan
Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab tentang wajibnya mendengar dan ta’at kepada imam
kaum muslimin, baik yang fajir maupun yang sholih , selama di dalam perkara yang ma’ruf
bukan kemaksiatan.Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab Qoddasallahu ruhahu (semoga
Allah mensucikan ruhnya) berkata di dalam risalahnya terhadap penduduk Qoshim :
ﻯَﺭَﺃَﻭ ِﻊْﻤَّﺴﻟﺍ َﺏْﻮُﺟُﻭ ِﺔَﻋﺎَّﻄﻟﺍَﻭ ِ ِﺔَّﻤِﺋَﻷ َﻦْﻴِﻤِﻠْﺴُﻤْﻟﺍ ْﻢِﻫِّﺮَﺑ ْﻢِﻫِﺮِﺟَﺎﻓَﻭ ﺎَﻣ ْﻢَﻟ ِﻪﻠﻟﺍ ِﺔَﻴِﺼْﻌَﻤِﺑ ﺍْﻭُﺮُﻣْﺄَﻳ ْﻦَﻣَﻭ َﻲِﻟَﻭ َﺔَﻓَﻼِﺨْﻟﺍ
َﻊَﻤَﺘْﺟﺍَﻭ ِﻪْﻴَﻠَﻋ ُﺱﺎَّﻨﻟﺍ ﺍْﻮُﺿَﺭَﻭ ْﻢُﻬَﺒَﻠَﻏَﻭ ِﻪِﺑ ِﻪِﻔْﻴَﺴِﺑ َّﻰﺘَﺣ ْﺖَﺒَﺟَﻭ ًﺔَﻔْﻴِﻠَﺧ َﺭﺎَﺻ ُﻪُﺘَﻋﺎَﻃ َﻡُﺮَﺣَﻭ ُﺝْﻭُﺮُﺨْﻟﺍ ِﻪْﻴَﻠَﻋ .“Aku
berpendapat bahwa mendengar dan ta’at kepada pemimpin kaum muslimin baik yang fajir
maupun yang sholih adalah wajib, selama di dalam perkara yang mereka tidak
memerintahkan untuk bermaksiat kepada Alloh. Juga kepada penguasa khilafah yang umat
bersepakat atasnya dan meridhainya, ataupun yang menggulingkan kekuasaan dengan
pedangnya hingga dirinya menjadi khalifah, maka wajib taat kepadanya dan haram
memberontak darinya.” [17] Beliau rahimahullahu juga berkata :
ُﺚِﻟﺎَّﺜﻟﺍ ُﻞْﺻَﻷﺍ : ْﻦِﻣ َّﻥَﺃ ِﻉﺎَﻤِﺘْﺟِﻻْﺍ ِﻡﺎَﻤَﺗ ْﻦَﻤِﻟ ُﺔَﻋﺎَّﻄﻟﺍَﻭ ُﻊْﻤَّﺴﻟﺍ ﺎَﻨْﻴَﻠَﻋ َﺮَّﻣَﺄَﺗ ْﻮَﻟَﻭ ًﺍﺪْﺒَﻋ َﻥَﺎﻛ ًﺎّﻴِﺸَﺒَﺣ ..“Pokok yang ketiga
adalah : termasuk kesempurnaan ijtima’ (bersatu) adalah mendengar dan ta’at kepada siapa
saja yang memimpin kami walaupun dia adalah seorang budak dari Ethiopia…” [18] Setelah
kita simak penuturan syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullahu tentang
kewajiban mendengar dan ta’at terhadap imam kaum muslimin, baik dia seorang yang fajir
maupun sholih –selama bukan dalam kemaksiatan-, maka kita telah mendapatkan suatu
jawaban penting dari syubuhat dan tuduhan mereka, yaitu bahwa Syaikh tidaklah
beraqidah khowarij (aliran yang mengkafirkan kaum muslimin yang melakukan dosa
besar) dan beliau tidak pernah mengajarkan untuk memberontak kepada penguasa kaum
muslimin.Lantas bagaimana tuduhan yang demikian ini bisa muncul? Maka kami jawab :
Tuduhan ini muncul dikarenakan kebodohan mereka terhadap Tarikh/sejarah Utsmani
ataupun kebodohan mereka terhadap dakwah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab
rahimahullahu. Tuduhan ini juga muncul dikarenakan kedengkian mereka terhadap
dakwah yang mubarokah ini dan karena kebodohan mereka yang sangat terhadap tauhid
yang merupakan asas dakwah para nabi dan rasul.
Abdul Qodim Zallum ghofarallahu dan selainnya menutup mata dari sejarah Utsmani.
Apakah mereka tidak tahu –atau pura-pura tidak tahu- bahwa Daulah Utsmaniyah tatkala
itu terbagi menjadi 32 iyalah (distrik) termasuk di dalamnya wilayah arab terbagi menjadi
14 distrik dimana Nejd [19] tidaklah termasuk di dalamnya. Fadhilatus Syaikh DR. Sholih al-
Abud hafizhahullahu berkata :“Nejd bukanlah termasuk bagian dari pengaruh Daulah
Utsmaniyah, kekuasaannya tidak sampai kepadanya dan penguasa Utsmaniyah tidak
pernah datang di Nejd. Tidak pernah pula pasukan Turki datang menembus negeri ini di
zaman sebelum munculnya dakwah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab rahimahullahu.
Dan yang menunjukkan hakikat kebenaran sejarah ini adalah ketetapan pembagian
wilayah administrasi Utsmaniyah yang terdapat di dalam risalah Turki yang berjudul
“Undang-undang Utsmaniyah yang mencakup daftar perbendaharaan negeri”, yang ditulis
oleh Yamin Ali Afandi, petugas yang menjaga daftar ‘al-Khoqoni’ pada tahun 1018 H. (1609
M.). Risalah ini menjelaskan bahwa semenjak awal abad ke-11 Hijriah, Daulah Utsmaniyah
terbagi menjadi 32 distrik diantaranya 14 distrik wilayah Arab dan Negeri Nejd tidaklah
termasuk bagiannya kecuali Ihsa’, jika kita menganggapnya sebagai bagian dari Nejd…” [20]
Adapun tuduhan Zallum kepada Alu Su’ud sebagai antek Inggris dan dikatakan bahwa Alu
Su’ud memberontak kepada Daulah Utsmaniyah, ini menunjukkan kejahilan Zallum kepada
sejarah. Abdullah bin Su’ud menulis surat yang berisi pujian kepada Sultan Mahmud al-
Ghozi sebagai berikut :“Dengan nama Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang..
Segala puji hanyalah milik Alloh yang menjadikan bagi penyakit akut ada obatnya, yang
mencegah dan menangkis niat buruk musuh-musuh (agama) dengan perdamaian dan
perbaikan, yang mana kedua hal ini merupakan penghalang terjadinya kekacauan yang
membinasakan. Sholawat dan Salam semoga senantiasa tercurahkan kepada makhluk yang
paling mulia dan yang paling suci, Muhammad penutup para nabi, yang menyampaikan
sebaik-baik berita. Wa ba’d, Saya thowaf mengelilingi Ka’bah, yang merupakan cita-cita
seorang hamba, yang mana (Ka’bah ini) merupakan ambang pintu negeri kami yang
merupakan poros tujuan setiap daerah yang ada, yang merupakan ruh dari jasad alam
semesta sebagai tempat berlezat-lezat orang-orang Hijaz dan Badui, yang menjadi tempat
transit bagi orang-orang yang melakukan perjalanan baik pada sore maupun pagi hari,
(wahai) orang yang memberi arahan, manusia yang menjadi pengelihatan bagi mereka,
yang mana orang yang gelisah dapat tertidur pulas di bawah naungannya, yang mana
orang yang berakal dan bijaksana kembali di bawah pengayomannya, yang mana
akhlaknya lebih halus daripada hembusan semilir angin di pagi hari, dan karisma yang
menarik para pelayar untuk datang, (wahai) sultan dua daratan dan raja dua samudera,
yang muncul pandangannya dari tempat yang tinggi, (wahai) Sultan putera dari Sultan,
Tuan kami Sultan Mahmud al-Ghozi, Saya menghaturkan permintaan saya dengan
permohonan yang amat sangat, yaitu apabila hambamu ini dari kaum muslimin, (memohon
dirimu agar) tiada henti-hentinya memenuhi syarat-syarat Islam, yaitu meninggikan
kalimat syahadat, menegakkan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan
dan pergi haji ke Baitullah al-Haram, serta mencegah dari kezhaliman…” [21]
Lantas bagaimana bisa dikatakan bahwa Alu Su’ud memberontak kepada khilafah, padahal
mereka mengirimkan surat kepada pembesar-pembesar daulah Utsmaniyah, memuji
mereka dan mengharapkan keadilan dari mereka, dikarenakan mereka dirongrong dan
difitnah oleh kaum pendengki dan penfitnah.Adapun dakwaan Abdul Qodim Zallum
ghofarallahu lahu bahwa dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullahu
merupakan penyebab runtuhnya Daulah Utsmaniyah, maka syaikh al-Allamah Mahmud
Mahdi al-Istanbuli rahimahullahu berkata menjawab tuduhannya :
“Harusnya penulis ini (i. e. Zallum) menopang pendapatnya dengan dalil yang kuat dan
kokoh, sebagaimana perkataan seorang penyair :
ﺍﺫﺇﻭ ﻯﻭﺎﻋﺪﻟﺍ ﻢﻟ ﺎﻬﻠﻴﻟﺪﺑ ﻢﻘﺗ ﺺﻨﻟﺎﺑ ﻰﻠﻋ ﻲﻬﻓ ﻩﺎﻔﺴﻟﺍ ﻞﻴﻟﺩ
Jika para pendakwa tidak menopang dalilnya dengan teks dalilMaka dia berada di atas
selemah-lemahnya dalil
Dimana telah diketahui bersama bahwa sejarah telah menyebutkan bahwa Inggris
menghalangi dakwah ini semenjak awal mula berdirinya, mereka khawatir akan
kebangkitan Islam.” [22]
Beliau rahimahullahu juga berkata :“Sungguh keanehan yang dapat menyebabkan tertawa
sekaligus menangis, bahwa Ustadz ini (i.e . Zallum) menuduh gerakan Syaikh Muhammad
bin Abdil Wahhab termasuk penyebab runtuhnya Khilafah Utsmaniyah, dimana telah
diketahui bersama bahwa gerakan ini berdiri pada sekitar tahun 1811 M. sedangkan
Khilafah Utsmaniyah runtuh pada sekitar tahun 1922 M.” [23]
Jika mereka mau obyektif dan adil, niscaya mereka mau membaca kitab-kitab sejarah
Utsmaniyah dan menelaah penyebab runtuhnya Daulah Khilafah Utsmaniyah, bukannya
malah menghantam dakwah mubarokah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, menuduh
dan menfitnahnya dengan tuduhan dan fitnah yang keji, yang tidak berlandaskan hujjah
dan dalil sedikitpun. Oleh karena itu kami menantang mereka yang menuduh demikian ini
untuk menunjukkan kepada kami kitab sejarah Utsmaniyah yang ditulis oleh sejarawan
obyektif yang membenarkan tuduhan mereka.
Kedua, Tuduhan mereka bahwa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan para
pembelanya adalah antek-antek Inggris.Kami katakan kepada mereka para penuduh
itu : ﺍﺬﻫ ﻥﺎﺘﻬﺑ ﻢﻴﻈﻋ (Inilah adalah suatu kedustaan yang besar). Bagaimana tidak, ketika
mereka tidak mampu membantah dakwah tauhid ini secara ilmiah, maka mereka
menghalalkan segala cara untuk menfitnah dan membuat kedustaan terhadap syaikh
Muhammad bin Abdil Wahhab rahimahullahu. Syaikh Malik bin Husain berkata :
“Senantiasa musuh-musuh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullahu berdaya
upaya dengan berbagai macam cara dan sarana untuk menjelekkan citra dakwah perbaikan
ini, dengan berbekal hasutan yang tiada lain hanyalah kedustaan dan fitnah. Tiada daya
dan tiada kekuatan melainkan hanya dengan Alloh.” [24]
Diantara cara mereka untuk menghantam dan menjelekkan dakwah mubarokah ini, adalah
dengan berpegang pada mudzakkarat (catatan harian) seorang yang tidak dikenal (majhul)
di dalam sejarah, yang bernama Hampher[25] . Syabab Hizbut Tahrir beserta barisan
pendengki dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab bersorak sorai gembira dengan
catatan harian Mr. Hampher ini. Mereka menukil, menyebarkan dan menuduh dengan
bukti ini, bahwa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab adalah agen Inggris.
Wal’iyadzubillah. Yang membuat aneh adalah, Hizbut Tahrir ini menolak khobar ahad
meskipun shahih dan berasal dari rawi (periwayat hadits) yang tsiqoh (terpercaya), ‘adil
(tidak pernah melakukan dosa besar) dan dhobit (hafalannya kuat) di dalam masalah
I’tiqod (keimanan) namun mereka dengan serta merta menerima berita dari seorang yang
kafir[26] , majhul (tidak dikenal) [27] dan pelaku kemaksiatan[28] dalam rangka menuduh
aqidah seorang muslim pembela tauhid dan sunnah. Allahul Musta’an. Dimanakah akal-
akal mereka?!!Untuk membantah syubuhat beracun namun rapuh ini, Syaikh Malik Husain
hafizhahullahu berkata :“Setelah penelitian saya terhadap mudzakkarat ini, menjadi jelas
bagi saya bahwa mudzakkarat ini merupakan naskah yang dibuat-buat oleh individu
maupun kelompok yang memiliki tujuan untuk mencemarkan Dakwah Syaikh Muhammad
bin Abdil Wahhab rahimahullahu dengan kedustaan dan fitnah, dan dalil-dalil yang saya
katakan ini banyak…” [29]
Berikut ini kami nukilkan dalil-dalil yang disebutkan oleh Syaikh Malik Husain nafa’allahu
bihi atas kedustaan dan kepalsuan mudzakkarat Mr. Hempher ini.
Dengan meneliti sejarah yang disebutkan di dalam mudzakkarat, menjadi jelas bagi kita
bahwa Hempher ini tatkala bertemu dengan Syaikh rahimahullahu, umur syaikh ketika itu
kurang lebih sekitar sepuluh tahun. Hal ini tidak sesuai, bahkan kontradiksi dengan apa
yang disebutkan di dalam mudzakkarat (hal. 30) bahwa Hampher berkenalan dengan
seorang pemuda yang sering mondar-mandir di toko ini yang faham tiga bahasa, yaitu
bahasa Turki, Persia dan Arab. Tatkala itu dia dalam fase menuntut ilmu agama, yang
namanya adalah Muhammad bin Abdil Wahhab, dan dia adalah seorang pemuda yang
sangat antusias di dalam menggapai tujuannya.
Inilah perincian dalil-dalilnya :
- Ia menyebutkan di dalam mudzakkarat hal. 13 : “Kementrian penjajahan Inggris
mendelegasikan Hampher ke al-Asaanah, pusat Khilafah al-Islamiyah pada tahun
1710M/1122 H.
- Ia menyebutkan pada halaman 18, bahwa dia tinggal di al-Asaanah selama dua tahun
kemudian dia kembali ke London atas perintah (Kementrian Penjajah Inggris) dalam rangka
menyerahkan ketetapan yang terperinci tentang kondisi ibukota pemerintahan khilafah
Utsmaniyah.
- Ia menyebutkan pada halaman 22, bahwa ia tinggal di London selama 6 bulan.
- Ia menyebutkan pada halaman 22, bahwa ia pergi menuju ke Bashrah yang memerlukan
waktu perjalanan selama 6 bulan.
- Di tengah-tengah keberadaannya di Bashrah, ia bertemu dengan syaikh rahimahullahu.
- Sehingga apabila dijumlahkan semua tahun sejarah, ia bertemu dengan syaikh pada tahun
1125 H./1713 M. sedangkan syaikh dilahirkan pada tahun 1115 H. [30] /1703 M. Sehingga
disimpulkan bahwa Hampher bertemu syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab ketika berusia
10 tahun. Dan ini merupakan dalil yang nyata atas kebatilan mudzakkaraat ini secara global
dan terperinci.
Dia menyebutkan di dalam mudzakkarat-nya (hal. 100) bahwa syaikh rahimahullahu
menampakkan dakwahnya pada tahun 1143 H., dan ini adalah suatu kedustaan yang nyata,
dimana sejarah menyebutkan bahwa syaikh menampakkan dakwahnya setelah wafatnya
ayahnya, pada tahun 1153 H. Perhatikan kerancuan sejarah yang nyata ini.
Sesungguhnya sikap Inggris terhadap dakwah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab
tidaklah menyokong dan menolong, namun memusuhi dan memeranginya. Sebagaimana
akan datang penjelasannya setelah ini –insya Alloh-.
Tidak kita dapatkan penyebutan mudzakkarat ini oleh orang-orang sezamannya, padahal
musuh-musuh dakwah mubarokah ini senantiasa menjelekkannya dan menyebarkan setiap
kejelekan dakwah ini, namun anehnya mudzakkarat ini keluar/muncul akhir-akhir ini. Hal
ini menjunjukkan secara jelas kedustaan dan kebohongan mudzakkarat ini.
Hampher ini adalah orang yang tidak dikenal. Dimana ma’lumat (surat perintah) yang
terperinci tentangnya? yang menjelaskan namanya, kedudukannya, dan yang berkaitan
tentang tugasnya dan perannya dari pemerintah Inggris.
Sesungguhnya siapa yang membaca mudzakkarat ini, dapat memastikan bahwa penulisnya
pastilah bukan seorang nashrani, dikarenakan banyaknya ungkapan-ungkapannya yang
mencela dan merendahkan agama nashrani termasuk juga Inggris.
Dua naskah terjemahan mudzakkarat yang telah dicetak, tidak disebutkan tentang
maklumat mudzakkarat ini, dari aspek naskah aslinya, apakah berupa cetakan ataukah
tulisan tangan dan dengan menggunakan bahasa apa??
Penterjemah mudzakkarat ini tidak dikenal. Pada naskah terjemahan pertama tidak
disebutkan siapa penterjemahnya sedangkan pada naskah terjemahan kedua hanya
disebutkan penerjemahnya dengan inisial ﺩ. ﻡ. ﻉ . ﺥ .
Dan masih banyak lagi dalil-dalil yang disebutkan syaikh Malik Husain tentang batilnya
Mudzakkarat Mr. Hampher ini. Silakan lihat lebih rincinya di majalah al-Asholah no. 31,
tahun ke-6 , 15 Muharam 1422 H.
Kami katakan kepada Hizbut Tahrir dan orang-orang yang sefikrah dengan mereka, dengan
menukil ucapan seorang penyair :
ﻦﻣ ﻭ ﻪﻟ ﺏﺍﺮﻐﻟﺍ ﻞﻌﺟ ﺮﻤﻳ ﻼﻴﻟﺩ ﻪﺑ ﻰﻠﻋ ﻒﻴﺟ ﺏﻼﻜﻟﺍ
“Barangsiapa yang menjadikan burung gagak sebagai dalilMaka ia akan membawanya
melewati bangkai-bangkai anjing”
Syaikh Malik Husain nafa’allahu bihi berkata :
“Sesunguhnya apa yang terdapat di dalam mudzakkarat ini adalah omong kosong belaka
dan ucapan yang tidak berlandaskan dalil sama sekali, yang tidak keluat melainkan dari
dua jenis manusia, yaitu :
1. Orang yang bodohnya sangat bodoh sekali dan dungu yang tidak mampu membedakan
mana telapak tangannya dan mana sikunya
2. Para pengekor hawa nafsu, ahlul bid’ah yang memusuhi dakwah tauhid.
Maka bertakwalah! Sesungguhnya daging para ulama itu beracun dan sunnah Allah di
terhadap para pencela ulama telah diketahui, maka barangsiapa yang berkata buruh
terhadap ulama dan mencercanya, maka niscaya Alloh akan menimpakan kematian
hatinya sebelum wafatnya . Kita memohon perlindungan dan keselamatan dari Alloh.” [31]
Hakikat Sikap Pemerintah Eropa terutama Inggris terhadap Dakwah Syaikh
Muhammad bin Abdul Wahhab
Beberapa sosok syetan berwujud manusia dari orang-orang eropa berfikir tentang
akibat yang akan menimpa mereka, jika Dakwah Muhammad bin Abdil Wahhab yang
didukung pemerintahan Su’ud pertama memperluas pengaruhnya. Mereka melihat
bahwa apa yang dilakukan oleh pemerintah Su’ud akan mengancam kepentingan
mereka di kawasan timur secara umum. Oleh karena itu, tidak ada jalan lain kecuali
menghancurkan pemerintahan ini. Mereka pun menempuh berbagai daya dan upaya di
dalam menghancurkan dakwah salafiyah ini, diantaranya adalah :
Pertama, penebaran publik opini di tengah negeri Islam melawan dakwah Syaikh
Muhammad bin Abdil Wahhab. Maka bangkitlah para penganut bid’ah dan khurofat
memerangi dakwah Syaikh. Mereka adalah golongan mayoritas di saat itu, yang mana
faham quburiyun, khurofiyun, bid’ah dan syirik telah mendarah daging di dalam hati
mereka, bahkan parahnya kesultanan Ustmaniyah generasi akhir adalah termasuk
pemerintahan yang mendukung kesyirikan dan kebid’ahan ini. Ini semua terjadi
setelah Inggris dan Perancis menyebarkan fatwa yang mereka ambil dari Ulama
suu’ (jahat) yang menfatwakah bahwa apa yang didakwahkan oleh Syaikh al-Imam
adalah rusak. [32]
Kedua, Mereka menebarkan fitnah antara gerakan Syaikh al-Imam dengan pemimpin
kesultanan Utsmaniyah. Orang-orang Inggris dan Perancis menebarkan racun ke dalam
fikiran Sultan Mahmud II, bahwa gerakan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab bertujuan
untuk memerdekakan Jazirah Arab dan memisahkan diri dari kesultanan. Sultan pun
merespon dan berupaya memberangus gerakan Syaikh, padahal seharusnya beliau
meragukan nasehat dari kaum kuffar ini, meneliti dan melakukan investigasi terhadap
berita ini. [33] Sesungguhnya para pengikut Dakwah Salafiyah tidak pernah menuntut
khilafah sama sekali dan tidak pernah menyatakan penentangan bahwa dirinya tidak
tunduk kepada kesultanan. Namun sesungguhnya, perselisihan itu hanyalah ada dalam dua
hal yang asasi, yaitu : pertama, permintaan para pengikut gerakan salafi tentang adanya
keharusan untuk komitmen para jama’ah haji dalam berpegang teguh dengan manhaj Islam
dan mencabut semua yang keluar dari manhaj Islam. Kedua, adanya perasaan pemerintah
Utsmaniyah yang merasa tidak berdaya di hadapan kekuasaan gerakan Wahhabi atas kota-
kota suci yang berada di Hijaz. Sebab mereka tahu bahwa ketidakmampuan mereka ini
berarti penurunan wibawa dan posisi mereka secara politik. [34] Sesungguhnya, Inggris dan
Perancis mulai dari awal telah membenci gerakan Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab,
terlebih setelah pemerintah Alu Su’ud beserta orang-orang Qowashim mampu melakukan
serangan telak terhadap Armada Inggris pada tahun 1806 M. sehingga perairan Teluk
berada di bawah kekuasaannya. [35] Sesungguhnya asas-asas Islam yang murni menjadi
pondasi dasar pemerintahan Su’ud pertama, dan tujuan utama didirikannya negeri ini
adalah untuk melawan kejahatan orang-orang asing di kawasan itu. [36]
Bukti berikutnya yang menunjukkan bahwa tuduhan Zallum dan HT terhadap dakwah
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab adalah tuduhan dusta belaka, adalah : Tatkala
Ibrahim bin Muhammad Ali Basya[37] berhasil menghancurkan Dir’iyah dan menghukum
pancung pangeran Abdullah bin Su’ud, Inggris mengutus Kapten George Forester Sadleer[38]
untuk memberikan ucapan selamat kepada Ibrahim Pasya dan mengajukan kerjasama
antara kekuasaan darat Ibrahim Pasya dengan kekuatan laut armada Inggris dalam rangka
menghadapi Qowasim yang merupakan pengikut dakwah Muhammad bin Abdil Wahhab.
[39]
Sungguh, sangat jauh panggang dari api apabila dikatakan bahwa dakwah Syaikh
Muhammad bin Abdil Wahhab adalah dakwah boneka atau antek-antek Inggris. Padahal
dengan menyebarnya dakwah mubarokah ini ke pelosok dunia lain, melahirkan para
pejuang-pejuang Islam. Di India, Syaikh Ahmad Irfaan dan para pengikutnya adalah
gerakan yang pertama kali membongkar kebobrokan Mirza Ghulam Ahmad Qadiyaniyah
yang semua orang tahu bahwa Qodiyaniyah ini adalah kepanjangan tangan dari kolonial
Inggris. Mereka juga memekikkan jihad memerangi kolonial Inggris saat itu di negeri
mereka. [40] Di Indonesia, tercatat ada Tuanku Imam Bonjol, Tuanku Nan Renceh, Tuanku
Nan Gapuk dan selainnya yang memerangi bid’ah, khurofat dan maksiat kaum adat
sehingga meletus perang Paderi, dan mereka semua ini adalah para pejuang Islam yang
memerangi kolonialisme Belanda. [41] Belum lagi di Mesir, Sudan, Afrika dan belahan negeri
lainnya, yang mana mereka semua adalah para pejuang Islam yang membenci kolonialisme
kaum kafir eropa.
Wahai Hizbut Tahrir!!! Bacalah buku-buku dan risalah karangan Syaikh Muhammad bin
Abdil Wahhab, niscaya engkau akan mengetahui hakikat dakwah ini, dan engkau akan
faham hakikat perjuangan dakwah ini.
Penyebab keruntuhan Daulah Utsmaniyah yang tidak difahami oleh Hizbut Tahrir
Abdul Qodim Zallum ghofallahu lahu di dalam buku Kaifa Hudimatil Khilaafah, ketika
menelaah sebab-sebab keruntuhan Daulah Utsmaniyah hanyalah dari aspek eksternal
yang kosong dari tinjauan kaca mata al-Qur’ an dan as-Sunnah. Dia hanya menelaah
konspirasi kaum kuffar dan upaya-upaya mereka di dalam menghancurkan Daulah,
tanpa menganalisa dengan kaca mata wahyu, mengapa daulah Utsmaniyah bisa
hancur?!! Seharusnya dia tidak hanya menelaah ﻒﻴﻛ ﺖﻣﺪﻫ ﺔﻓﻼﺨﻟﺍ (Bagaimana
Hancurnya Daulah Khilafah), Namun seharusnya dia menelaah juga ﺍﺫﺎﻤﻟ ﺖﻣﺪﻫ ﺔﻓﻼﺨﻟﺍ
(Mengapa daulah Utsmaniyah bisa hancur)?!!
Bukankah Allah Ta’ala telah berfirman :
ﻮﻫ ﻞﺳﺭﺃ ﻱﺬﻟﺍ ﻪﻟﻮﺳﺭ ﻯﺪﻬﻟﺎﺑ ﻭ ﻦﻳﺩ ﻖﺤﻟﺍ ﻩﺮﻬﻈﻴﻟ ﻦﻳﺪﻟﺍ ﻰﻠﻋ ﻪﻠﻛ ﻩﺮﻛ ﻮﻟﻭ ﻥﻮﻛﺮﺸﻤﻟﺍ
“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al Qur’an) dan
agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang
musyrik tidak menyukai.” (At-Taubah : 33)Bukankah ayat di atas merupakan janji Alloh
Subhanahu wa Ta’ala bahwa agama ini akan dimenangkan atas agama-agama lainnya?!!
Bukankah orang-orang kafir mulai dari zaman rasul pertama kali diutus hingga hari kiamat
senantiasa membenci dan tidak ridha dengan agama ini, mereka akan senantiasa
memerangi dan memadamkan cahaya agama Alloh, sebagaimana dalam firman-Nya :
ﻭ ﻰﺿﺮﺗ ﻦﻟ ﺩﻮﻬﻴﻟﺍ ﻚﻨﻋ ﻭ ﻦﻟ ﻯﺭﺎﺼﻨﻟﺍ ﻰﺘﺣ ﻊﺒﺘﺗ ﻢﻬﺘﻠﻣ
“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti
agama mereka.” (Al -Baqoroh : 120) ﺪﻳﺮﻳ ﻥﺃ ﻪﻠﻟﺍ ﺍﻮﺌﻔﻄﻳ ﻪﻠﻟﺍ ﺭﻮﻧ ﻢﻬﻫﺍﻮﻓﺄﺑ ﻰﺑﺄﻳ ﻭ ﻻﺇ ﻪﻠﻟﺍ ﻥﺃ ﻢﺘﻳ ﻩﺭﻮﻧ
ﻮﻟﻭ ﻥﻭﺮﻓﺎﻜﻟﺍ ﻩﺮﻛ
“Mereka berkehendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan)
mereka, dan Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun
orang-orang yang kafir tidak menyukai.” (At-Taubah : 32)Sesungguhnya sebab-sebab
keruntuhan pemerintahan Utsmani sangatlah banyak, yang kesemuanya tersimpul pada
semakin menjauhnya pemerintahan Utsmani terhadap pemberlakuan syariah Alloh yang
menyebabkan kesempitan dan kesengsaraan bagi ummat di dunia. Dampak dari jauhnya
pemerintahan Utsmani dari Syariah Alloh ini tampak sekali dalam kehidupan yang bersifat
keagamaan, sosial, politik dan ekonomi. [42]
Alloh Ta’ala berfirman : َﻦﻳِﺬَّﻟﺍ ُﻪَّﻠﻟﺍ َﺪَﻋَﻭ ﺍﻮُﻨَﻣﺍَﺀ ْﻢُﻜْﻨِﻣ ﺍﻮُﻠِﻤَﻋَﻭ ِﺕﺎَﺤِﻟﺎَّﺼﻟﺍ ْﻢُﻬَّﻨَﻔِﻠْﺨَﺘْﺴَﻴَﻟ ﻲِﻓ ﺎَﻤَﻛ ِﺽْﺭَﺄْﻟﺍ
َﻦﻳِﺬَّﻟﺍ َﻒَﻠْﺨَﺘْﺳﺍ ْﻦِﻣ ْﻢِﻬِﻠْﺒَﻗ َّﻦَﻨِّﻜَﻤُﻴَﻟَﻭ ْﻢُﻬَﻟ ُﻢُﻬَﻨﻳِﺩ ﻱِﺬَّﻟﺍ ﻰَﻀَﺗْﺭﺍ ْﻢُﻬَﻟ ْﻢُﻬَّﻨَﻟِّﺪَﺒُﻴَﻟَﻭ ْﻦِﻣ ِﺪْﻌَﺑ ْﻢِﻬِﻓْﻮَﺧ ﻲِﻨَﻧﻭُﺪُﺒْﻌَﻳ ﺎًﻨْﻣَﺃ
ﺎَﻟ ﻲِﺑ َﻥﻮُﻛِﺮْﺸُﻳ ﺎًﺌْﻴَﺷ ْﻦَﻣَﻭ َﺮَﻔَﻛ َﺪْﻌَﺑ َﻚِﺌَﻟﻭُﺄَﻓ َﻚِﻟَﺫ ُﻢُﻫ َﻥﻮُﻘِﺳﺎَﻔْﻟﺍ
“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan
mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka
berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka
berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya
untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka
berada dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan
tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir
sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (An-Nur : 55)Daulah
Utsmaniyah di awal pemerintahannya memenuhi semua syarat-syarat yang termaktub di
dalam ayat di atas. Sebaliknya, di akhir pemerintahannya syarat-syarat itu sama sekali
tidak terpenuhi dan menyimpang dari pemahamannya yang asli. Ada beberapa hal yang
menyebabkan runtuhnya daulah Utsmaniyah[43] yang tidak disinggung oleh Hizbut Tahrir,
yaitu : Tidak adanya al-Wala’ (Loyalitas) dan Baro’ (Disloyalitas) yang jelas pada akhir-
akhir masa daulah Utsmaniyah. Para penguasa Utsmaniyah terbius dengan budaya dan
pemikiran kaum kuffar dan menjadi sekutu mereka. Muhammad Ali Pasya, wali Mesir yang
menjadi contoh utama hal ini. Dia adalah boneka bikinan barat dan antek-antek mereka,
keberhasilannya memegang tampuk kekuasaan di Daulah Utsmaniyah adalah keberhasilan
rencana salibis. [44] Penyempitan makna ibadah. Ibadah menurut Daulah Utsmaniyah akhir
hanya terbatas pada ritual-ritual yang turun temurun dan taklid yang tidak memiliki faidah
dan dampak terhadap kehidupan. Hal ini menyebabkan maraknya madzhab sekuler dalam
pemerintahan Utsmani yang semakin marak pada akhir-akhir keruntuhannya.
[45] Menyebarnya fenomena syirik, bid’ah dan khurofat. Sisi inilah penyebab kemunduran
utama Daulah Utsmaniyah. Mereka terjebak dalam belenggu kebodohan dan kesyirikan,
dan mereka meninggalkan tauhid murni yang dibawa oleh para Nabi dan Rasul. Mulai dari
sultan, pembesar hingga rakyat kecil terbelenggu oleh bid’ah, syirik dan khurofat.
Pembangunan kubah-kubah kuburan di seluruh wilayah Utsmani mereka lakukan dengan
berlomba-lomba membangun yang paling megah. Bahkan mereka pun bernadzar pada
makam-makam dan peninggalan nene moyang mereka. Risalah al-Qoul al-Anfa’ fir raddi ‘an
Ziyaraatil Mifdaa’ karya Al-Allamah Mahmud Syukri al-Alusi menjadi saksi atas faham sesat
mereka yang bernadzar dan bertabaruk dengan meriam peninggalan Sultan Murad. Bid’ah-
bid’ah dan khurofat menjamur dimana-mana, sehingga yang sunnah dianggap bid’ah dan
yang bid’ah dianggap sunnah. wal’iyadzubillah. [46] Gencarnya aktivitas kelompok-
kelompok sesat dan menyimpang seperti Syi’ah Isna Asyariyah, Druz, Nushairiyah,
Shufiyah, Qadhiyaniyah, dan selainnya. Sesungguhnya kelompok-kelompok sesat inilah
yang menjadi tanggung jawab hancurnya kesatuan Daulah Utsmaniyah dan mereka adalah
seringala berbulu domba yang harus diperangi dan dijelaskan kesesatannya.Tidak adanya
pemimpin Robbani.
Penolakan dibukanya pintu ijtihad.
Menyebarnya kezhaliman dalam pemerintahan.
Perselisihan dan perpecahan.
Inilah sebab-sebab yang tidak diperhatikan oleh Hizbut Tahrir yang merupakan penyebab
utama hancurnya Daulah Utsmaniyah. Mereka hanya berkoar-koar seputar konspirasi
kaum kuffar dan munafiq, tanpa menelaah penyebab “Mengapa Daulah Utsmaniyah bisa
dikalahkan dan dihancurkan oleh konspirasi kaum Kuffar dan Munafiq”!!!, “Mengapa kaum
muslimin kalah melawan agresi kaum kuffar?!!” dan “mengapa agama yang telah
dijanjikan oleh Alloh kemenangan ini menjadi kalah dan terbelakang di antara agama-
agama lainnya?!!”
Inilah yang tidak mampu mereka jawab, melainkan mereka akan mencari kambing
hitamnya. Hizbut Tahrir adalah kelompok yang turut menyuburkan faham quburiyun,
khurofiyun, bid’iyun dan shufiyun [47] , sehingga mereka tidak akan ridha dan rela terhadap
dakwah tauhid yang dibawa oleh Imam Muhammad bin Abdil Wahhab. Mereka akan
senantiasa memeranginya, mencercanya, menfitnahnya, membuat kedustaan atasnya, dan
mereka akan bersekutu dengan firqoh-firqoh sesat lainnya semisal shufiyun dan syi’ah,
dalam rangka memerangi dan menghantam dakwah ini. Kecuali diantara mereka yang
dirahmati Alloh.
ﻪﻠﻟﺍ ﻥﺎﻌﺘﺴﻤﻟﺍ
] 1 ] Lihat QS al-An’aam : 112 [2] Mujassim adalah kelompok yang berpemahaman bahwa
Allah memiliki jism (jasmani) .
[3] Musyabbih adalah kelompok yang berpemahaman bahwa Allah serupa dengan makhluk-
Nya. [4] Hasyawiyah adalah orang yang linglung dengan ucapannya.
[5] Nashibah adalah kelompok yang memerangi dan membenci Ali bin Abu Thalib dan Ahlul
Bait. [6] Hizbut Tahrir adalah salah satu kelompok sempalan ‘Islam’ yang didirikan oleh
Taqiyudin an-Nabhani ghofarollahu lahu. An-Nabhani adalah salah seorang cucu Yusuf bin
Isma’il an-Nabhani, ulama sufi pada zamannya yang menulis kitab Jaami’ Karomatil
Awliyaa’ dan Syawahidul Haqq fil Istighotsah bi Sayyidil Kholqi yang isinya dipenuhi dengan
bid’ah, syirik dan khurofat, serta celaan terhadap para imam Ahlus Sunnah, seperti Syaikhul
Islam Ibnu Taimiyah. Al-Allamah al-Iraqi Mahmud Syukri al-Aluusi telah menulis kitab
bantahannya yang berjudul Ghoyaatul Amaani fir Raddi ‘ala-n Nabhani . Sedangkan
Taqiyudin an-Nabhani sendiri, secara global aqidahnya bersesuaian dengan aqidah
Asy’ariyah Maturidiyah, bahkan an-Nabhani sendiri menyatakan bahwa Asy’ariyah dan
Maturidiyah termasuk Ahlus Sunnah tatkala membahas masalah al-Qodho’ wal Qodar. Baca
lebih lengkap tentang kesesatan Hizbut Tahrir di al-Jama’aat al-Islamiyyah fi Dhou’il Kitaabi
was Sunnah , karya syaikhuna Salim bin Ied al-Hilaaly, hal. 287-361 dan Hizbut Tahrir :
Munaaqosyah ‘Ilmiyyah li-ahammi Mabadi`il Hizbi karya Syaikh Abdurrahman bin
Muhammad Sa’id Dimasyqiyyah. [7] Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
َﻼَﻓ ﺍْﻮُّﻛَﺰُﺗ ْﻢُﻜَﺴُﻔْﻧَﺃ َﻮُﻫ ِﻦَﻤِﺑ ُﻢَﻠْﻋَﺃ ﻰَﻘَّﺗﺍ
“Janganlah kalian mensucikan diri-diri kalian, sesungguhnya Alloh yang lebih tahu siapa yang
paling bertakwa.” (An-Najm : 32)Orang ini dengan berani menggunakan nama ‘samaran’ al-
Mujaddid (pembaharu), seolah-olah dirinya menganggap bahwa dirinya adalah orang yang
memperbaharui agama ini. Dengan nama ini, orang ini bermaksud mensucikan dirinya dan
berbangga-bangga dengannya, padahal ini jelas-jelas suatu kezhaliman…
[8] Al-Muharrif adalah orang yang gemar merubah sesuatu dari tempatnya. [9] Al-
Mudzabdzab adalah orang yang plin-plan atau tidak punya pendirian.
[10] Judul ini tidak tepat dari segala sisi. Karena si mudzabdzab/plin- plan ini di dalam
tulisannya tidak berpijak pada sumber referensi sejarah yang jelas dan ilmiah! lantas
bagaimana bisa dia mengklaim bahwa tulisannya adalah sebuah telaah kritis sejarah?!!
Padahal si mudzabdzab ini tidak menelaah satupun kitab tarikh atau sejarah Utsmaniyah,
melainkan hanya menukil dari tulisan pembesarnya yang bukanlah ahli sejarah, semisal
Abdul Qodim Zallum dan Umar Bakri Muhammad. Saya sarankan agar si mudzabdzab ini
memberikan judul tulisannya dengan judul “Telaah Ngawur Terhadap Sejarah…” [11]
Risalah ini adalah risalah yang kecil namun sering dijadikan landasan oleh musuh-musuh
dakwah di dalam mencela Syaikh al-Imam. Di dalamnya penuh dengan tuduhan-tuduhan
dusta dan fitnah yang tidak berdasar sama sekali. Penulis di dalam menulis risalah ini tidak
mendasarkan tulisannya dengan riwayat-riwayat yang shahih terhadap dakwah Syaikh al-
Imam, apalagi penulis hidup setelah 60-70 tahun dari zaman Syaikh al-Imam, sehingga
hampir keseluruhan isi kitab ini adalah dusta dan batil. Hanya saja kaum shufiyun dan
syi’ah sangat bergembira dengan risalah ini. Risalah ini telah dibantah oleh para ulama
Ahlus Sunnah, seperti Shiyanatul Insaan ‘an Waswasi asy-Syaikh Dahlaan (menjaga manusia
dari was-was syaikh Dahlan) yang ditulis oleh al-Allamah al-Muhaddits Muhammad Basyir
as-Sahsaawani al-Hindi. Beliau hidup sezaman dengan Ahmad Zaini Dahlan dan pernah
berdebat dengannya.Al-Allamah Rasyid Ridha rahimahullahu berkata tentang Ahmad Zaini
Dahlan :
َﻥَﺎﻛَﻭ ِﺀَﻻُﺆَﻫ ُﺮُﻬْﺷَﺃ َﻦْﻴِﻨِﻋﺎَّﻄﻟﺍ ﻲِﺘْﻔُﻣ ُﺦْﻴَّﺸﻟﺍ ِﺔَﻣَّﺮَﻜُﻤْﻟﺍ َﺔَّﻜَﻣ ُﺪَﻤْﺣَﺃ ﻲِﻨْﻳَﺯ ﻰَﻓَّﻮَﺘُﻤْﻟﺍ َﻥَﻼْﺣَﺩ َﺔَﻨَﺳ 1304 َﻒَّﻟَﺃ ًﺔَﻟﺎَﺳِﺭ ﻲِﻓ
ُﺭْﻭُﺪَﺗ َﻚِﻟَﺫ َﻊْﻴِﻤَﺟ ﺎَﻬِﻠِﺋﺎَﺴَﻣ َﻰﻠَﻋ ِﻦْﻴَﺒْﻄَﻗ ِﻦْﻴَﻨْﺛﺍ : ُﺐْﻄَﻗ ِﺏْﺬَﻜْﻟﺍ ِﺀﺍَﺮِﺘْﻓِﻻْﺍَﻭ َﻰﻠَﻋ ِﺦْﻴَّﺸﻟﺍ، ُﺐْﻄَﻗَﻭ ِﻞْﻬَﺠْﻟﺍ ﺎَﻤْﻴِﻓ ِﻪِﺌْﻴِﻄْﺨَﺘِﺑ
َﻮُﻫ ٌﺐْﻴِﺼُﻣ ِﻪْﻴِﻓ .
ِ “Diantara para pencela yang paling masyhur adalah seorang Mufti Makkah al-
Mukarromah, Syaikh Ahmad Zaini Dahlan yang wafat pada tahun 1304, dia menulis sebuah
risalah (yang mencela Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab, pent.) yang mana keseluruhan
permasalahan (yang ditulisnya) hanya berputar pada dua poros, yaitu poros kedustaan dan
fitnah terhadap syaikh, dan poros kebodohan dimana ia menyalahkan sesuatu yang benar
dari Syaikh.” (Lihat : Muqoddimah Shiyahatul Insan , hal. 6, Maktabah Ahlul Hadits,
www.ahlalhdeeth .com .)Namun anehnya, suatu hal yang telah jelas lemah, tidak berdasar,
penuh dengan khurofat dan bid’ah, masih dipegang dan dijadikan dasar oleh Hizbut
Tahrir??? Hal ini semakin menunjukkan bahwa Hizbut Tahrir ini adalah firqoh yang
mengumpulkan semua kesesatan dari firqah-friqah sesat lainnya yang menyelisihi Ahlus
Sunnah, dan dijadikannya sebagai landasan untuk menghantam dan menusuk Ahlus
Sunnah. Para pembaca akan semakin tahu kebobrokan manhaj mereka sebentar lagi –Insya
Allah-. [12] Abdul Qodim Zallum ghofarallahu lahu adalah pembesar HT kedua dan pengganti
an-Nabhani setelah wafat. Dia memiliki beberapa kitab, diantaranya yang terkenal adalah
Kaifa Hudimatil Khilafah. Aqidahnya tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, An-Nabhani,
yang dekat dengan aqidah Asy’ariyah Maturidiyah.[13] Dia adalah pembesar Thariqat
Shufiyah Naqshabandiyah, yang dibaiat sebagai Imam ke-40. Lahir tahun 1922 dan
sekarang dia yang melanjutkan estafet bid’ah thoriqot Naqshabandiyah.
[14] Murid Nazhim al-Qubrisi yang berdomisili di Amerika, menjadi pimpinan dan pembesar
shufiyah di Amerika, mendirikan “As-Sunna Foundation of America” dan “Haqqani Islamic
Foundation”. Orang ini memiliki website berbahasa Inggris dengan nama ahle-sunnati dan
sunni serta nama-nama ‘palsu’ lainnya. Dari sinilah syabab Hizbut Tahrir seperti Abu Riya’
al-Buali dan al-Mudzabzab kebanyakan menukil bantahan-bantahan ‘tidak ilmiah’ mereka,
menterjemahkannya dan menyebarkannya ke situs-situs dan mailing lists di internet.
Mereka menjelekkan para imam Ahlus Sunnah dengan tuduhan dusta dan keji dengan
menukil dari kaum shufiyun bid’iyun, yang mengusung pemikiran sesatnya dalam rangka
menjelekkan ulama sunnah dan du’at tauhid. Abu Riya’ al-Buali dalam hal ini
menterjemahkan tulisan Kabbani dengan serampangan –menunjukkan bahwa orang ini
tidak faham Bahasa Inggris, apalagi Bahasa Arab- tanpa bersikap obyektif dan ilmiah.Yang
sungguh aneh adalah, bukankah Hizbut Tahrir mengklaim bahwa mereka memerangi
‘pluralisme’ agama, namun mereka menukil dari ulama-ulama yang mengusung
pemahaman ‘pluralisme’. Perhatikan ini wahai Aba Riya’, bahwa orang yang engkau nukil
tulisannya itu adalah para pengusung faham ‘pluralism’, maka apakah yang akan engkau
koar-koarkan lagi?!!Kabbani berkata :
“What is the meaning of good people? Good people must not have in their heart hatred,
enmity or inequity towards anyone of God’s servants. Everyone must be equal in their eyes :
Muslim, Jewish, Christian, Buddhist, Hindu. This is up to God, it is not your judgement. You
cannot judge this.” [Kabbani, Mercy Ocean Shore of Safety, p.26 ].
“Apa yang dimaksud dengan orang sholih itu? Orang sholih itu haruslah tidak memiliki di
dalam hati mereka: kebencian, permusuhan ataupun ketidakadilan terhadap siapapun dari
hamba-hamba Tuhan. Semuanya haruslah sama di dalam pandangan mereka: baik
Muslim, Yahudi, Kristen, Buddha, Hindu. Semua ini terserah Tuhan. Ini bukanlah
penilaianmu. Anda tidak berhak menilainya.” (Kabbani, Mercy Ocean Shore of Safety, hal.
26)
Lebih jauh lagi, Abdullah as-Daghistany, guru Nazhim al-Qubrusi, pembenci Syaikh
Muhammad bin Abdil Wahhab, pembela Ibnu Arobi ath-Tho ’iy yang telah dikafirkan oleh
ummat, namun dipujinya sebagai “ash-Sheikh al-Akbar” (Guru terbesar) dan dikatakannya
sebagai “Great Scholar and Spiritual Giant” (Ulama besar dan Raja Spiritual) di dalam kitab
“Mercy Ocean Book 2, 1980 (hal. 122). Ad-Daghistani menyebutkan hadits qudsi yang tidak
diketahui asalnya :
“He Almighty says, again, ‘No one except Me can know those way by which My servants are
coming to Me. By looking, you may see that a servant is going another way. But He is
coming to me also. He cannot find anything except Me, no matter which he may travel! Any
way that my servant follows, he must come to Me! Buddhist, Christians, Catholics,
Communists, Confucians, Brahmans, Negroes; who created them? He created them, all of
them, and each one says, ‘We are going on a way that leads to the Divine Presence.’ So
many, many ways; you cannot know. Therefore, Allah says, ‘Allay sa’llahu biya kaymi
hajimn.’ This mean, ‘No one may judge for My servants, except Me!” [Nazim, Mercy Oceans,
1980, p.78 ].
“Allah yang Maha Agung berfirman : “Tidak ada seorangpun kecuali Aku yang dapat
mengetahui jalan itu yang mana hamba-Ku akan datang kepada-Ku. Dengan melihat, engkau
dapat melihat seorang hamba sedang pergi ke jalan lain. Namun ia juga datang kepada-Ku.
Dia tidak dapat menemukan apapun melainkan diri-Ku. Tidak peduli dia akan safar. Semua
jalan yang diikuti oleh hamba-Ku, dia pasti datang kepada-Ku! Budha, Kristen, Katolik,
Komunis, Konfusis, pengikut Brahmana, Negro . Siapakah yang menciptakan mereka? Dia
yang menciptakan mereka semua. Setiap ada orang yang berkata, ‘Kita akan pergi ke jalan
yang menuju ‘Kehadiran Yang Pasti’. Begitu banyak, banyak sekali jalan, engkau tidak dapat
mengetahuinya. Oleh karena itu Allah berfirman, “Allay sa’llahu biya kaymi hajimn” yang
artinya, ‘Tidak ada seorangpun yang dapat menghukumi hamba-hambaku melainkan diri-
Ku.” (Nazim, Mercy Ocean, 1980, hal. 78.)Selain itu Kabbani dan guru-gurunya juga
menafikan/meniadakan jihad, dia berkata bahwa kaum muslimin yang mengklaim hak untuk
berjihad tanpa kehadiran Imam Mahdi adalah dusta. (lihat : Nazim, Star From Heaven,
hal.26) . Mereka juga mencela para sahabat semisal Utsman bin Affan, sebagaimana perkataan
Nazim : “Uthman didn’t attain the spiritual ranks attained by Abu Bakr and Ali because he
sometimes held firmly to his own desires… ” (Utsman tidaklah menjangkau tingkatan spiritual
yang diperoleh oleh Abu Bakar dan Ali dikarenakan ia terkadang berpegang kepada hawa
nafsunya…” [lih : Nazim, Mercy Oceans’ Hidden Treasures, h.39) .
Wahai Aba Riya’ al-Buali… apakah ini yang engkau sebut sebagai ulama yang layak kau
nukil ucapannya untuk menghantam ulama ahlus sunnah??? Haihata Haihata…(alangkah
jauhnya alangkah jauhnya)
[15] Seperti shalawat Nariyah, Shalawat Badr kedua shalawat ini termasuk shalawat yang
tidak di ajarkan Nabi e (red.) [16] Kaifa Hudimat Khilafah (terjemahan : Konspirasi Barat
meruntuhkan Khilafah Islamiyah , hal. 5) [17] Majmu’atu Mu`allafaatu asy-Syaikh (V/11 )
sebagaimana di dalam al-Islaam Su`al wal Jawaab, www.saaid .net . [18] Majmu’atu
Mu`allafaatu asy-Syaikh (I/ 394) dan Da’awaa al-Munaawi’iin 233-234 sebagaimana di dalam
al-Islaam Su`al wal Jawaab, www.saaid .net .
[19] Abu Riya’ al-Buali di dalam risalah kejinya, berdalil dengan hadits Bukhari dan Muslim
tentang munculnya dua tanduk syetan, dan menafsirkan dengan menukil ucapan Sayyid
Alwi Ahmad Abdullah al-Haddad Ba’alawi, bahwa yang dimaksud dua tanduk syetan itu
adalah Musailimah al-Kadzdzab dan Muhammad bin Abdul Wahhab. Wal’iyadzubillah . Ini
adalah sungguh fitnah dan tuduhan yang paling keji. Saya katakan, Abu Riya’ ini orang yang
tidak ilmiah sama sekali, mudallis, pendusta dan aqidahnya rusak. Ada dua catatan yang
perlu saya sampaikan di sini. Yaitu :1. Abu Riya’ menukil hadits-hadits fitan dan dajjal dari
website ahle-sunnat (baca : ahle-bida’, karena diadminstratori oleh Shufiyun dari
Naqshabandiyah dan Alawiyun dari eropa), dan Abu Riya’ ini melakukan kesalahan yang
parah di dalam penterjemahan hadits. Contohnya dia menterjemahkan ahlul awtsan (para
penyembah berhala) dengan arti ‘Amerika dan Inggris’. Kemudian anehnya lagi, bagaimana
bisa dia menyebutkan hadits-hadits fitan yang bersifat khobariyah (aqidah) ini sedangkan
HT sendiri tidak mengimaninya?!! Sungguh keanehan yang paling aneh!!!2 . Bahwa Nejd
yang disebutkan di dalam hadits-hadist tersebut bukanlah Hijaz tempat lahirnya Syaikh
Muhammad bin Abdil Wahhab, namun Nejd yang disebutkan adalah Iraq. Berikut ini
penjelasannya secara ringkas. Dari Ibnu Umar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam
bersabda :
ﻙﺭﺎﺑ ﻢﻬﻠﻟﺍ ﺎﻨﻟ ﺎﻨﻣﺎﺷ ﻲﻓ ﻙﺭﺎﺑ ﻢﻬﻠﻟﺍ ﺎﻨﻟ ﻲﻓ ﺎﻨﻨﻤﻳ . ﺍﻮﻟﺎﻗ: ﻝﻮﺳﺭ ﺎﻳ ﻪﻠﻟﺍ ! ﻲﻓﻭ ؟ﺎﻧﺪﺠﻧ ! ﻝﺎﻗ : ﻢﻬﻠﻟﺍ ﻙﺭﺎﺑ ﺎﻨﻟ ﻲﻓ
ﺎﻨﻣﺎﺷ ﻙﺭﺎﺑ ﻢﻬﻠﻟﺍ ﺎﻨﻟ ﺎﻨﻨﻤﻳ ﻲﻓ . ﺍﻮﻟﺎﻗ: ﺎﻳ ﻪﻠﻟﺍ ﻝﻮﺳﺭ ! ﻲﻓﻭ ؟ﺎﻧﺪﺠﻧ ! – ﻝﺎﻗ ﻪﻨﻇﺄﻓ ﻲﻓ ﺔﺜﻟﺎﺜﻟﺍ- )) ﻙﺎﻨﻫ ﻝﺯﻻﺰﻟﺍ
ﻦﺘﻔﻟﺍﻭ, ﺎﻬﺑﻭ ﻊﻠﻄﻳ ﻥﺮﻗ ﻥﺎﻄﻴﺸﻟﺍ (( ﻆﻔﻟ ﻱﺭﺎﺨﺒﻟﺍ
“Ya Alloh berkahilah Syam kami dan Yaman kami”. Para sahabat berkata, “juga Nejd
kami?” Rasulullah berkata, “Ya Alloh berkahilah Syam kami dan Yaman kami”. Para
sahabat berkata, “juga Nejd kami?” –Saya (perawi) menduga beliau menyebutkan tiga kali-
kemudian Nabi bersabda, “Dari sanalah (Nejd) keguncangan dan fitnah bermula, dan disana
pula muncul dua tanduk syaithan.” (HR Bukhari). Nejd dalalm hadits ini diterangkan oleh
hadits yang diriwayatkan oleh Thobroni dalam al-Kabir (XII/383 no. 13422) dari Ismail bin
Mas’ud, mengabarkan Abdullah bin Abdullah bin ‘Aun dari ayahnya, dari Nafi’, dan
sanadnya jayyid , Rasulullah bersabda :
ﻢﻬﻠﻟﺍ ﻙﺭﺎﺑ ﺎﻨﻟ ﻲﻓ ﺎﻨﻣﺎﺷ ﻙﺭﺎﺑ ﻢﻬﻠﻟﺍ ﺎﻨﻟ ﺎﻨﻨﻤﻳ ﻲﻓ , ﺎﻬﻟﺎﻘﻓ ﺍﺭﺍﺮﻣ, ﺎﻤﻠﻓ ﻥﺎﻛ ﻲﻓ ﺔﺜﻟﺎﺜﻟﺍ ﻭﺃ ﺔﻌﺑﻻﺍ, ﺍﻮﻟﺎﻗ : ﺎﻳ ﻝﻮﺳﺭ
ﻪﻠﻟﺍ ! ﺎﻨﻗﺍﺮﻋ ﻲﻓﻭ؟ ))ﺎﻧﺇ ﺎﻬﺑ ﻦﺘﻔﻟﺍﻭ ﻝﺯﻻﺰﻟﺍ, ﺎﻬﺑﻭ ﻊﻠﻄﻳ ﻥﺮﻗ ﻥﺎﻄﻴﺸﻟﺍ )).“Ya Alloh berkahilah Syam kami
dan Yaman kami” beliau mengulangnya beberapa kali, ketika beliau mengucapkan yang
ketiga atau keempat kalinya, para sahabat berkata : ‘Wahai Rasulullah, dan juga Iraq
kami? ” Dari sanalah keguncangan dan fitnah bermula, dan disana pula muncul tanduk
syaithan.”Hadits di atas menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Nejd pada hadits
Bukhari adalah Iraq. Kami sebutkan lagi dalilnya. Diriwayatkan dari Ibnu Umar, Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menghadap ke arah timur kemudian bersabda :
ﻻﺃ ﺔﻨﺘﻓ ﻥﺇ ﺎﻨﻫﺎﻫ, ﻥﺇ ﻻﺃ ﺔﻨﺘﻓ ﺎﻨﻫﺎﻫ ﺚﻴﺣ ﻊﻠﻄﻳ ﻥﺮﻗ ﻥﺎﻄﻴﺸﻟﺍ ) ﻢﻠﺴﻣ ﻩﺍﻭﺭ )“Ketahuilah sesungguhnya
fitnah berasal dari sini, sesungguhnya fitnah berasal dari sini, disinilah muncul tanduk
syaithan.” (HR Muslim). Padahal telah diketahui bersama, bahwa ketika Nabi bersabda
demikian, beliau berada di Madinah, dan ketika itu beliau menghadap ke arah timur
sedangkan timur Madinah adalah Iraq, padahal Nejd Hijaz ada di selatan Madinah, lantas
bagaimana bisa mereka mengambil dalil bahwa Najd yang dimaksud adalah Hijaz?!! Hal ini
juga diperkuat dengan munculnya fitnah di Iraq seperti pembunuhan Husain, fitnah Ibnul
Asy’ats, fitnah al-Mukhtar yang mendakwakan diri sebagai Nabi dan fitnah-fitnah
lainnya.Bacalah perkara ini di dalam kitab al-Iraaq fi Ahaaditsi wa Aatsari al-Fitan karya
Syaikh Abu Ubaidah Masyhur bin Hasan Alu Salman hafizhahullahu, beliau memaparkan
seluruh hadits-hadits fitnah dan menunjukkan jalan-jalan periwayatan hadits serta
pemahaman ulama ahlil hadits terhadap hadits fitan ini. Oleh karena itu apa yang
didakwakan oleh Abu Riya’ al-Buali al-Kadzdzab ini adalah suatu kebodohan dan kedustaan.
Na’udzubillah min Jahalati Ahlil Bid’ah .
[20] Lihat : Aqidatus Syaikh Muhammad bin Abdill Wahhab wa atsaruhaa fil ‘Aalam al-
Islaamiy (I/27 ) karya Syaikh DR. Sholih al-‘Abud hafizhahullahu. Lihat pula pembahasan
yang serupa di dalam Muhammad bin Abdul Wahhab, Hayatuhu wa Fikruhu hal. 11 karya
Syaikh Abdullah al-‘Utsaimin. [21] Lihat : ad-Daulatu as-Su’udiyah al’Uula karya sejarawan
Syaikh Abdurrahim bin Abdurrahim, hal. 393-393 , sebagaimana di dalam kitab Fushul min
Siyasatis Syar’iyyah . [22] Lihat : asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab fi Mir`aati Syarq
wal Ghorbi hal. 240. [23] Idem.
[24] Lihat : Majalah al-Asholah , no. 31, tahun ke-6, hal. 43. [25] Al-Mudzabdzab, salah
seorang syabab Hizbut Tahrir yang menulis celaan terhadap Syaikh Muhammad bin Abdil
Wahhab juga menukil dari tulisan Hampher ini sebagaimana dia terangkan dengan jelas.
Hanya saja dia tidak menjelaskan sumber penukilannya. Saya menduga bahwa dia menukil
dari website shufiyun berbahasa Inggris. Hal ini terbukti bahwa dia menulis judul buku ini
dengan “Confessions of A British Spy” yang mana si mudzabdzab ini mengklaim bahwa buku
ini menjelaskan secara mendetail tentang pendirian Wahabi. Padahal tidak diketahui
naskah asli Hampher ini. Naskah risalah Hampher yang telah dicetak berjudul I’tiraafaat al-
Jassuus al-Injilizi . Cetakan terbarunya dicetak dan disebarkan secara cuma-cuma di
Maktabah al-Haqiqoh, Jl. Syafaqoh, Fatih 57, Instanbul, Turki, th. 1413 (1992) yang
berjumlah 103 halaman dengan tambahan ‘Adawatul Inkilizi lil Islaam (44 halaman) dan
Khulashotul Kalaam (37 halaman). Hakikat Hampher dan tulisannya akan kami sibak
sebentar lagi –insya Alloh-. [26] Allah Ta’ala berfirman : ﺎَﻬُّﻳَﺃﺎَﻳ َﻦﻳِﺬَّﻟﺍ ْﻥِﺇ ﺍﻮُﻨَﻣﺍَﺀ ْﻢُﻛَﺀﺎَﺟ ٌﻖِﺳﺎَﻓ ٍﺄَﺒَﻨِﺑ
ْﻥَﺃ ﺍﻮُﻨَّﻴَﺒَﺘَﻓ ﺍﻮُﺒﻴِﺼُﺗ ٍﺔَﻟﺎَﻬَﺠِﺑ ﺎًﻣْﻮَﻗ ﺍﻮُﺤِﺒْﺼُﺘَﻓ ﻰَﻠَﻋ ﺎَﻣ َﻦﻴِﻣِﺩﺎَﻧ ْﻢُﺘْﻠَﻌَﻓ “Hai orang-orang yang beriman, jika
datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar
kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya
yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu” (Al-Hujurat : 6) Syaikh Malik Husain
berkata : “Pada ayat ini ada pelajaran ilmiyah bagi kelompok orang-orang mukmin, yang
menjaga agamanya dan menjaga hubungan persaudaran antar sesama muslim, dengan
mencari kejelasan (tatsabut) terhadap semua berita miring yang dilontarkan untuk memecah
belah barisan kaum muslimin.” (Lihat : op.cit) . Kami katakan\ kepada Hizbut Tahrir, dimana
pengimplementasian aqidah al-Wala’ wal Bara’ anda?!! Dimana letak tabayun ilmiah anda?!!
Dimana letak kejujuran dan amanah anda?? Jika berita kaum kafir lebih anda sukai daripada
berita para perawi yang tsiqoh, ‘adil dan dlobit!!! Apakah begini ini manhaj anda?!! Aduhai,
alangkah rusak dan binasanya!!!
[27] Hampher ini orang yang tidak dikenal di dalam sejarah. Tidak pernah ada satupun
sejarawan baik muslim maupun orientalis yang menyebut namanya. Tidak disebutkan hal
ihwalnya sama sekali di buku-buku sejarah Utsmaniyah yang mu’tabar seperti Roudhotul
Afkar karya Ibnu Ghonam, Unwanul Majid fi Tarikhin Nejd karya Utsman an-Najdi, Aja`ibil
Atsar karya al-Jabaroti, Al-Badruth Thooli’ karya Imam Muhammad Ali asy-Syaukani, Tarikh
Nejd karya Mahmud Syukri al-Alusi, Hadlir al-‘Alam al-Islami karya Syakib Arselan dan
selainnya dari sejarawan Muslim. Bahkan Hampher di buku sejarah yang ditulis orinetalis
pun juga tidak pernah disebut namanya, seperti ‘Travels through Arabs”, “Notes the
Bedouins and the Wahabys” tulisan Burk Hert, “A Brief Story of Wahhabys” tulisan Gifford
Palgrave, “Imams and Sayeds of Oman” tulisan Percy Beder, “Travels in Arab Desert” tulisan
Doughty, “Notes on Mohammadanism The Wahhaby” tulisan T.P . Huges dan lain-lain . Oleh
karena itu kami tantang Hizbut Tahrir ataupun selainnya untuk menunjukkan kepada kami
buku sejarah Utsmani yang menyebutkan Hampher. [28] Bagaimana bisa partai yang
mengklaim menegakkan hukum Islam mengambil kesaksian dari seorang kafir yang gemar
melakukan kemaksiatan yang kegemarannya minum khomr dan berdusta, sebagaimana
kesaksian Hampher sendiri di dalam mudzakkarat -nya halaman 14,15,18 ,19,27 ,28,44. [29]
Lihat : Majalah Al-Asholah , no. 31, tahun ke-6 , hal. 45. [30] Inilah yang benar mengenai
tahun lahirnya syaikh sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Ghonam dan Ibnu Bisyr yang
hidup sezaman dengan syaikh. Adapun yang ditulis oleh Zaini Dahlan (hidup 60 tahun lebih
setelah waftanya syaikh) bahwa syaikh dilahirkan tahun 1111 H dan dinukil oleh al-
Mudzabzab di dalam risalalahnya adalah kesalahan yang nyata. Syakib Arselan juga
melakukan kesalahan tatkala menyebutkan bahwa syaikh lahir tahun 1116 H. Yang lebih
aneh lagi adalah yang disebutkan oleh orientalis Huges dalam “Dictionary of Islam”, Wilfer
Wilfred dalam “Pilgrimage to Najd” dan Zweimer dalam “The Cradle of Islam Arabia” serta
selainnya yang menyebutkan bahwa syaikh lahir tahun 1291 H. Lihat : Muhammad bin
Abdul Wahhab Mushlih Mazhlum wa Muftaraa ‘Alahi karya Syaikh Mas’ud Nadwi al-Hindi.
[31] op.cit. [32] Lihat : ad-Daulat al-Utsmaniyah , DR. Jamal Abdul Hadi, hal. 94 sebagaimana
di dalam ad-Daulah al-Utsmaniyah awamilin Nuhudl wa Asbaabis Suquuth karya DR. Ali
Muhammad ash-Sholabi. (terj, Bangkit dan Runtuhnya Daulah Khilafah Utsmaniyah) [33]
idem : hal,. 95. [34] Lihat : Qiro’ah Jadidah fit Tarikh al-Utsmani , hal. 183, sebagaimana di
dalam ad-Daulah al-Utsmaniyah awamilin Nuhudl wa Asbaabis Suquuth karya DR. Ali
Muhammad ash-Sholabi. (terj, Bangkit dan Runtuhnya Daulah Khilafah Utsmaniyah)
[35] Idem, hal. 158. [36] Idem, hal. 156 [37] Muhammad Ali Pasya adalah gubernur Mesir
yang sangat membenci dakwah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab. Dia adalah antek-
antek kafir Inggris yang menelikung kesultanan Utsmani setelah kekuasaannya menyebar.
Dia adalah pendahulu Mustafa Kemal Pasya, seorang pengkhianat dan serigala berbulu
domba. Muhammad Ali adalah kaki tangan gerakan yahudi Freemasonry, yang fikirannya
teracuni oleh Napoleon ketika mereka bertemu. dan melakukan hubungan baik.
Muhammad Ali sangat mencintai budaya eropa dan membenci budaya Islam, dimana ia
merupakan peletak sekulerisme di negeri-negeri Islam. Sangat banyak goresan pena para
sejarawan yang menjelaskan kejahatan Muhammad Ali ini, diantaranya adalah al-Jabaroti
(dalam Aja’ibil Atsaar) yang hidup sezaman dengannya. Muhammad Ali mengutus
anaknnya Thussun untuk memerangi Dakwah Wahabiyah namun gagal, dan anaknya
Ibrahim yang berhasil mengalahkan pangeran Abdullah dan membunuh beliau. Ini
menunjukkan bahwa syabab Hizbut Tahrir bodoh terhadap sejarah dan menunjukkan
bagaimana mereka membenci dakwah tauhid yang mubarokah ini. Allahul Musta’an. [38]
Lihat : Dalil al-Khalij at-Tarikhi , J.J. Lurimer (2/ 1009-1010) .
[39] Lihat : Huruub Muhammad Ali ‘ala asy-Syaam , DR. Ayidl ar-Ruqi, hal. 112. [40] Lihat :
Al-‘Alam al-Aroobi fit Tarikh al-Hadits dan Aqidatus Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab wa
Atsaruha fil ‘Alam al-Islamiy karya Dr. Sholih al-‘Abud. [41] Lihat : Pusaka Indonesia Riwajat
Hidup Orang-Orang Besar Tanah Air, Oleh : Tamar Djaja, Cet. VI, 1965, Penerbit Bulan
Bintang Djakarta, hal. 339-dst . [42] Lihat : Ad-Daulah al-Utsmaniyah Awamilin Nuhudl wa
Asbaabis Suquuth , karya DR. Ali Muhammad ash-Sholabi (terj, Bangkit dan Runtuhnya
Daulah Khilafah Utsmaniyah), hal. 652.

[43] idem , hal. 655 [44] Lihat : al-Inharafaat al-Aqodiyah wal Ilmiyyah (I/ 181) sebagaimana
dalam idem , hal. 662. [45] idem , hal. 664-671 dengan diringkas. [46] Lihat : al-Inhirafaat al-
Aqodiyyah wal ‘Ilmiyyah yang memaparkan hal ini secara gamblang sebagaimana dalam
ibid , hal. 672-678 secara ringkas. [47] Sebagaimana tampak nyata dalam tulisan Abu Riya’
al-Buali dan al-Mudabdzab yang membela faham quburiyun, shufiyun dan khurofiyun ini.

http://abusalma.wordpress.com/2007/01/03/pembelaan-terhadap-syaikh-imammuhammad-bin-abdul-wahhab/

Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar