Sabtu, Januari 07, 2012

SERAT SABDO PALON

SERAT SABDO PALON
Sinom.

1. Pada sira ngelingana Carita ing nguni-nguni Kang kocap ing serat
Babad Babad nagari Mojopahit Nalika duking nguni Sang-a Brawijaya
Prabu Pan samya pepanggihan Kaliyan Njeng Sunan Kali Sabda Palon
Naya Genggong rencangira.

Ingatlah kalian semua, Akan cerita masa lalu, Yang tercantum didalam
Babad ( Sejarah ) Babad Negara Majapahit, Ketika itu, Sang Prabhu
Brawijaya, Tengah bertemu, Dengan Kangjeng Sunan Kalijaga, Ditemani
oleh Sabdo Palon dan Naya Genggong.

2. Sang-a Prabu Brawijaya Sabdanira arum manis Nuntun dhateng
punakawan Sabda Palon paran karsi Jenengsun sapuniki Wus ngrasuk
agama Rasul Heh ta kakang manira Meluwa agama suci Luwih becik iki
agama kang mulya.

Sang Prabhu Brawijaya, Bersabda dengan lemah lembut, Mengharapkan
kepada kedua punakawan( pengiring dekat )-nya, Tapi Sabdo Palon
tetap menolak, Diriku ini sekarang, Sudah memeluk Agama Rasul
(Islam), Wahai kalian kakang berdua, Ikutlah memeluk agama suci,
Lebih baik karena ini agama yang mulia.

3. Sabda palon matur sugal Yen kawula boten arsi Ngrasuka agama
Islam Wit kula puniki yekti Ratuning Dang Hyang Jawi Momong marang
anak putu Sagung kang para Nata Kang jumeneng ing tanah Jawi Wus
pinasthi sayekti kula pisahan.

Sabdo Palon menghaturkan kata-kata agak keras, Hamba tidak mau,
Memeluk agama Islam, Sebab hamba ini sesungguhnya, Raja Dahnyang
( Penguasa Gaib ) tanah Jawa, Memelihara kelestarian anak cucu
( penghuni tanah Jawa ), (Serta) semua Para Raja, Yang memerintah di
tanah Jawa, Sudah menjadi suratan karma (wahai Sang Prabhu), kita
harus berpisah.

4. Klawan Paduka sang Nata Wangsul maring sunya ruri Mung kula
matur petungna Ing benjang sakpungkur mami Yen wus prapta kang
wanci Jangkep gangsal atus taun Wit ing dinten punika Kula gantos
agami Gama Budhi kula sebar ing tanah Jawa.

Dengan Paduka Wahai Sang Raja, Kembali ke Sunyaruri (Alam kosong
tapi ber-'isi'; Alam yang tidak ada tapi ada), Hanya saja saya
menghaturkan sebuah pesan agar Paduka menghitung, Kelak
sepeninggal hamba, Apabila sudah datang waktunya, Genap lima ratus
tahun, Mulai hari ini, Akan saya ganti agama (di Jawa), Agama Buddhi
akan saya sebarkan ditanah Jawa.

5. Sinten tan purun nganggeya Yekti kula rusak sami Sun sajakken putu
kula Berkasakan rupi-rupi Dereng lega kang ati Yen durung lebur
atempur Kula damel pratandha Pratandha tembayan mami Hardi
Merapi yen wus njeblug mili lahar.

Siapa saja yang tidak mau memakai, Akan saya hancurkan, Akan saya
berikan kepada cucu saya sebagai tumbal, Makhluk halus berwarna-
warni, Belum puas hati hamba, Apabila belum hancur lebur, Saya akan
membuat pertanda, Pertanda sebagai janji serius saya, Gunung Merapi
apabila sudah meletus mengeluarkan lahar.

6. Ngidul ngilen purugira Nggada banger ingkang warih Nggih punika
wedal kula Wus nyebar agama budi Merapi janji mamai Anggereng
jagad satuhu Karsanireng Jawata Sadaya gilir gumanti Boten kenging
kalamunta kaowahan.

Kearah selatan barat mengalirnya, Berbau busuk air laharnya, Itulah
waktunya, Sudah mulai menyebarkan agama Budhi, Merapi janji saya,
Menggelegar seluruh jagad, Kehendak Tuhan, (Karena) segalanya (pasti
akan) berganti, Tidak mungkin untuk dirubah lagi.
Note [Suchamda] : Agama Budhi bukan berarti semata agama Buddha,
tetapi adalah AGAMA KESADARAN / ELING / HAKIKAT yang bisa
meredam kemurkaan alam..

7. Sanget-sangeting sangsara Kang tuwuh ing tanah Jawi Sinengkalan
tahunira Lawon Sapta Ngesthi Aji Upami nyabarang kali Prapteng
tengah-tengahipun Kaline banjir bandhang Jeronne ngelebna jalmi
Kathah sirna manungsa prapteng pralaya.

Sangat sangat sengsara, Yang hidup ditanah Jawa, Perlambang tahun
kedatangannya, LAWON SAPTA NGESTI AJI ( LAWON ; 8, SAPTA ; 7,
NGESTHI ; 9, AJI ; 1 = 1978), Seandainya menyeberangi sebuah sungai,
Ketika masih berada ditengah-tengah, Banjir bandhang akan datang
tiba-tiba, Tingginya air mampu menenggelamkan manusia, Banyak
manusia sirna karena mati.

8. Bebaya ingkang tumeka Warata sa Tanah Jawi Ginawe kang paring
gesang Tan kenging dipun singgahi Wit ing donya puniki Wonten ing
sakwasanipun Sedaya pra Jawata Kinarya amertandhani Jagad iki yekti
ana kang akarya.


Bahaya yang datang, Merata diseluruh tanah Jawa, Diciptakan oleh Yang
Memberikan Hidup, Tidak bisa untuk ditolak, Sebab didunia ini,
Dibawah kekuasaan, Tuhan dan Para Dewa, Sebagai bukti, Jagad ini ada
yang menciptakan.

9. Warna-warna kang bebaya Angrusaken Tanah Jawi Sagung tiyang
nambut karya Pamedal boten nyekapi Priyayi keh beranti Sudagar tuna
sadarum Wong glidhik ora mingsra Wong tani ora nyukupi Pametune
akeh sirna aneng wana.

Bermacam-macam mara bahaya, Merusak tanah Jawa, Semua yang
bekerja, Hasilnya tidak mencukupi, Pejabat banyak yang lupa daratan,
Pedagang mengalami kerugian, Yang berkelakuan jahat semakin banyak,
Yag bertani tidak mengahsilkan apa-apa, Hasilnya banyak terbuang
percuma dihutan.

10. Bumi ilang berkatira Ama kathah kang ndhatengi Kayu katahah
ingkang ilang Cinolong dening sujanmi Pan risaknya nglangkungi Karana
rebut rinebut Risak tataning janma Yen dalu grimis keh maling Yen
rina-wa kathah tetiyang ambengal.

Bumi hilang berkahnya, Banyak hama mendatangi, Pepohonan
banyakyang hilang, Dicuri manusia, Kerusakannya sangat parah, Sebab
saling berebut, Rusak tatanan moral, Apabila malam hujan banyak
pencuri, pabila siang banyak perampok.

11. Heru hara sakeh janma Rebutan ngupaya anggering praja Tan tahan
perihing ati Katungka praptaneki Pageblug ingkang linangkung Lelara
ngambra-ambara Warading saktanah Jawi Enjing sakit sorenya sampun
pralaya.

Huru hara seluruh manusia, Berebut kekuasan kerajaan, Tidak tahan
perdihnya hati, Disusul datangnya, Wabah yang sangat mengerikan,
Penyakit berjangkit kemana-mana , Merata seluruh tanah Jawa, Pagi
sakit sorenya mati.

12. Kesandhung wohing pralaya Kaselak banjir ngemasi Udan barat
salah mangsa Angin gung nggegirisi Kayu gung brasta sami
Tinempuhing angin agung Kathah rebah amblasah Lepen-lepen samya
banjir Lamun tinon pan kados samodra bena.

Belum selesai wabah kematian, Ditambah banjir bandhang semakin
menggenapi, Hujan besar salah waktu, Angin besar mengerikan, Pohon-
poho besar bertumbangan, Disapu angin yang besar, Banyak yang
roboh berserakan, Sungai-sungai banyak yang banjir, Apabila dilihat
bagaikan lautan.

13. Alun minggah ing daratan Karya rusak tepis wiring Kang dumunung
kering kanan Kajeng akeh ingkang keli Kang tumuwuh apinggir Samya
kentir trusing laut Sela geng sami brasta Kabalebeg katut keli
Gumalundhung gumludhug suwaranira.

Ombak naik kedaratan, Membuat rusak pesisir pantai, Yang berada dikiri
kanannya, Pohon banyak yang hanyut, Yang tumbuh dipesisir, Hanyut
ketengah lautan, Bebatuan besar hancur berantakan, Tersapu ikut
hanyut, Bergemuruh nyaring suaranya.

14. Hardi agung-agung samya Huru-hara nggegirisi Gumleger swaranira
Lahar wutah kanan kering Ambleber angelebi Nrajang wana lan
desagung Manungsanya keh brasta Kebo sapi samya gusis Sirna
gempang tan wonten mangga puliha.

Gunung berapi semua, Huru hara mengerikan, Menggelegar suaranya,
Lahar tumpah kekanan dan kekirinya, Menenggelamkan, Menerejang
hutan dan perkotaan, Manusia banyak yang tewas, Kerbau dan Sapi
habis, Sirna hilang tak bisa dipulihkan lagi.

15. Lindhu ping pitu sedina Karya sisahing sujanmi Sitinipun samya
nela Brekasakan kang ngelesi Anyeret sagung janmi Manungsa pating
galuruh Kathah kang nandhang roga Warna-warna ingkang sakit Awis
waras akeh klang prapteng pralaya.

Gempa bumi sehari tujuh kali, Membuat ketakutan manusia, Tanah
banyak yang retak-retak, Makhluk halus yang ikut membantu amarah
alam, menyeret semua manusia, Manusia menjerit-jerit, Banyak yang
terkena penyakit, Bermacam-macam sakitnya, Jarang yang bisa sembuh
malahan banyak yang menemui kematian.

16. Sabda Palon nulya mukswa Sakedhap boten kaeksi Wangsul ing
jaman limunan Langkung ngungun Sri Bupati Njegreg tan bisa angling
Ing manah langkung gegetun Kedhuwung lepatira Mupus karsaning
Dewadi Kodrat iku sayekti tan kena owah.

Sabdo Palon kemudian menghilang, Sekejap mata tidak terlihat sudah,
Kembali ke alam misteri, Sangat keheranan Sang Prabhu, Terpaku tidak
bisa bergerak, Dalam hati merasa menyesal, Merasa telah berbuat
salah, Akhirnya hanya bisa berserah kepada Tuhan, Janji yang telah
terucapkan itu sesungguhnya tak akan bisa dirubah lagi.
(Diterjemahkan oleh : Damar Sashangka).

Sabdo Palon dan Naya Genggong adalah 'PENUNTUN GAIB YANG
MEWUJUD'. Beliau berdua senantiasa hadir mengiringi Raja-Raja
Jawa jaman Hindhu Buddha. Beliau berdua pergi meninggalkan
tanah Jawa semenjak Keruntuhan Majapahit pada tahun 1400 Saka,
atau 1478 Masehi. Terkenal dengan SURYA SANGKALA (KATA
SANDHI PENANDA TAHUN KEJADIAN) yang sangat populer di Jawa,
yaitu SIRNA ILANG KERTHANING BHUMI ( SIRNA : 0, ILANG : 0,
KERTHA : 4, BHUMI : 1 = 1400 Saka). Kalimat KERTHAning BHUMI,
diambil dari nama asli PRABHU BRAWIJAYA PAMUNGKAS
(PAMUNGKAS=TERAKHIR), yaitu RADEN KERTHABHUMI.


Janji kedatangan Beliau berdua diucapkan di Blambangan, ketika
Majapahit hancur diserang oleh pasukan Demak Bintara. Prabhu
Brawijaya meloloskan diri ke arah Timur, hendak menyeberang ke Pulau
Bali, namun masih bertahan sementara di Blambangan ( Banyuwangi
sekarang).

Raden Patah, Pemimpin Demak Bintara, merasa bangga telah
menghancurkan Majapahit yang dia anggap sebagai negara kafir. Serta
merta, setelah mendengar kabar berhasil dikuasainya Majapahit oleh
tentara Islam, Raden Patah datang dari Demak, ingin melihat langsung
keadaan Majapahit yang berhasil dihancurkan. Setelah itu, dengan
bangga beliau meneruskan perjalanannya ke Pesantren Ampeldhenta,
hendak mengabarkan keberhasilan itu. Namun ternyata, Nyi Ageng
Ampel, istri almarhum Sunan Ampel, malah mempersalahkannya. Nyi
Ageng Ampel mengingatkan bahwa dulu semasa Sunan Ampel masih
hidup, beliau pernah berpesan bahwsanya jangan sekali-kali murid-
murid beliau ikut campur masalah politik, atau malah berani merebut
kekuasaan Majapahit. Bahkan Nyi Ageng dengan tegas menambahkan,
Raden Patah telah berdosa tiga hal :
1.Kepada Guru, yaitu melanggar wasiat Sunan Ampel.
2.Kepada Ayah, karena Prabhu Brawijaya adalah ayah kandung
Raden Patah.
3.Kepada Raja, karena Raja adalah Imam, tidak boleh dilawan
tanpa alasan yang benar. Sebab, selama memerintah, Prabhu
Brawijaya tidak pernah melarang penyebaran agama Islam, bahkan
menghadiahkan tanah Ampeldhenta ( didaerah Surabaya
sekarang ), sebagai tanah otonom. Diijinkan untuk dipakai sebagai
basis pendidikan agama bagi orang-orang muslim.

Dengan sangat menyesal, Raden Patah meminta petunjuk,
bagaimanakah cara untuk menghapus kesalahannya. Nyi Ageng
menyarankan agar kedudukan Prabhu Brawijaya Pamungkas sebagai
Raja harus dikembalikan. Namun yang menjadi masalah, kemanakah
Sang Prabhu meloloskan diri? Nyi Ageng memperkirakan, Sang Prabhu
pasti menuju ke Pulau Bali. Raden Patah berniat menyusul sendiri,
namun dicegah Nyi Ageng Ampel, karena setelah kejadian penyerangan
Majapahit oleh tentara Islam terjadi, maka, tidak akan ada satupun
orang Islam yang akan dipercayai oleh Sang Prabhu. Tidak Raden Patah,
tidak Nyi Ageng Ampel, tidak pula Para Wali yang lain, yang turut serta
membantu penyerangan tersebut. Namun, hanya ada dua Wali yang
mungkin masih beliau percayai, pertama Syeh Siti Jenar dan kedua
Sunan Kalijaga. Karena kedua Wali ini terang-terangan menentang
penyerangan pasukan Islam ke Majapahit.

Karena hubungan Raden Patah tidak begitu baik dengan Syeh Siti Jenar,
maka dia meminta pertolongan Sunan Kalijaga untuk melacak
keberadaan ramanda-nya. Dan jika ditemukan, dimohon dengan segala
hormat untuk kembali ke Trowulan, ibukota Majapahit, untuk
dikukuhkan lagi sebagai Raja. Sunan Kalijaga bersedia membantu,
ditemani beberapa santri beliau langsung melakukan pencarian ke arah
Timur. Dan ternyata benar, di Blambangan, banyak umbul-umbul
pasukan Majapahit serta para prajurid Majapahit yang siap tempur
berkumpul disana. Dan benar pula, Prabhu Brawijaya masih ada disana,
belum menyeberang ke Pulau Bali. Agak kesulitan Sunan Kalijaga
memohon bertemu dengan Sang Prabhu. Namun karena Sang Prabhu
tahu betul, Sunan Kalijaga, yang seringkali beliau panggil Sahid itu,
menurut pasukan sandhi (intelejen) Majapahit , Sunan Kalijaga bersama
pengikutnya,sama sekali tidak ikut dalam penyerangan ke Majapahit,
maka Sunan Kalijaga dipersilahkannya menghadap, walau dengan
kawalan ketat.

Disinilah dialog SERAT SABDO PALON terjadi. Sang Prabhu Brawijaya,
ditemani Sabdo Palon dan Naya Genggong, dihadap oleh Sunan
Kalijaga,beserta sesepuh Majapahit yang kebetulan bersama-sama Sang
Prabhu hendak menuju Pulau Bali, menyusul beberapa masyarakat Jawa
lainnya yang lebih dahulu melarikan diri kesana. Mendengar penuturan
Sunan Kalijaga,Sang Prabhu luruh hatinya. Karena sejatinya, Sang
Prabhu kini tengah menggalang kekuatan besar untuk merebut kembali
tahta dari tentara Islam. Tidak bisa dibayangkan apabila itu terjadi,
karena pendukung Sang Prabhu Brawijaya masih banyak tersebar
diseluruh Nusantara. Pertumpahan darah yang lebih besar pasti akan
terjadi. Putra-putra Prabhu Brawijaya masih banyak yang berkuasa dan
mempunyai kekuatan tentara yang besar, seperti Adipati
Handayaningrat IV di Pegging, Lembu Peteng di Madura, Bondhan
Kejawen di Tarub dan masih banyak lagi.
Sunan Kalijaga meminta, agar pertikaian dihentikan, dan sudilah
kiranya Sang Prabhu kembali memegang tampuk pemerintahan.

Prabhu Brawijaya menolak, karena jikalau itu terjadi, maka beliau akan
merasa terhina oleh putra selirnya sediri, Raden Patah, yang lahir dari
putri China Eng-Kian dan dibesarkan di Palembang dalam asuhan
Adipati Arya Damar atau Swan Liong. Bagaimana tidak, seorang ayah
harus menerima tahta dari anaknya sendiri, memalukan. Ketika
perundingan menemui jalan buntu, maka Sunan Kalijaga mengusulkan
agar beliau dengan kebesaran jiwa, mau memeluk Islam. Dengan
demikian, seluruh pendukung beliau pasti akan meninggalkan beliau
satu persatu, dan pertumpahan darah yang lebih besar lagi akan
terhindar.

Mendengar akan hal itu, Prabhu Brawijaya tercenung, untuk
menghindari peperangan lebih besar, setidaknya, usulan Sunan Kalijaga
memang masuk akal. Demi perdamaian, Sang Prabhu
mengesampingkan ego-nya. Maka PENUH dengan kebesaran hati,
beliau menyatakan MASUK ISLAM. Terkejut seluruh yang hadir,
termasuk Sabdo Palon dan Naya Genggong. Hingga, terlontarlah
sebuah janji seperti tercantum pada SERAT SABDO PALON diatas.

Sepeninggal Sabdo Palon dan Naya Genggong, Sang Prabhu-pun
bersedia kembali ke Trowulan, namun bukan hendak kembali
memduduki tahta, akan tetapi mendamaikan seluruh kerabat Majapahit
agar merelakan tahta dipegang oleh Raden Patah. Dalam perjalanan
pulang inilah, Sunan Kalijaga meminta bukti ketulusan Sang Prabhu
dalam memeluk Islam. Sunan Kalijaga memohon untuk memotong
rambut panjang Sang Prabhu. Dengan sebilah keris, setelah diijinkan,
Sunan Kalijaga memotong rambut beliau. Tapi ternyata, tidak satu
helai-pun terpotong. Sekali lagi, Sunan Kalijaga meminta keikhlasan
Sang Prabhu memeluk Islam, dan sekali lagi Sunan Kalijaga memotong
rambut beliau. Kali ini, terpotong sudah. Namun, Sunan Kalijaga belum
puas, menjelang berangkat kembali ke Trowulan, Sunan Kalijaga
mengambil air comberan yang berbau tidak sedap dimasukkan kedalam
sebilah bambu. Dihadapan Sang Prabhu, beliau menyatakan,
bahwasanya apabila air comberan ini sesampainya di Trowulan airnya
berubah tidak berbau busuk, nyata sudahlah Sang Prabhu telah lahr
bathin masuk Islam.

Berangkatlah rombongan itu ke Trowulan,sesampainya di Trowulan,
disambut dengan suka cita oleh masyarakat Trowulan. Air dalam bilah
bambu dicurahkan oleh Sunan Kalijaga, dan ternyata, bau busuknya
hilang, bahkan airnya berubah jernih. Untuk mengingat kejadian itu,
Blambangan diubah namanya menjadi BANYUWANGI hingga sekarang.
Tidak berapa lama di Trowulan, Sang Prabhu jatuh sakit. Putra-putranya
datang berkumpul, melalui Sunan Kalijaga, beliau mengamanatkan agar
menghentikan pertumpahan darah Hindhu-Buddha dengan Islam.
Biarkanlah Raden Patah bertahta sebagai Raja di Jawa walau
sebenarnya, keturunan dari Pengging-lah yang lebih berhak.

Menjelang akhir hayat beliau, beliau berpesan agar diatas pusara
makam beliau jangan diberi tanda bahwasanya beliau adalah Prabhu
Brawijaya, Raja Majapahit terakhir, namun tandailah dengan nama
Putri Champa Anarawati, permaisuri beliau. Sebab beliau merasa
diperhinakan sebagaimana wanita oleh putraya sendiri. Dan penghinaan
itu didukung oleh permaisurinya sendiri, Dewi Anarawati, putri Champa
yang beragama Islam. Dewi Anarawati inilah bibi Sunan Ampel. Dewi
Anarawati-lah yang menyarankan agar Sang Prabhu memberikan
Ampeldenta kepada Sunan Ampel untuk didirikan sebuah Pesantren
Islam.

Maka jangan heran, apabila di Trowulan, tidak diketemukan makam
Prabhu Brawijaya, melainkan Putri Champa. Padahal makam Putri
Champa yang asli berada di Gresik. Begitu Majapahit diserang pasukan
Islam, beliau diungsikan ke Gresik hingga beliau wafat.

Sumber, Damar Sasongko blogspot

Published with Blogger-droid v2.0.2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar