Senin, April 30, 2012

Kumpulan Do'a

Kumpulan Do'a Islam Sehari-hari - Banyak orang yang menyebutkan bahwa do'a adalah

senjata bagi orang muslim dalam menjalani hidup sehari-hari, dari situlah do'a dianggap

sangat penting untuk melindungi diri kita dari godaan syetan yang terkutuk. Namun begitu saya

tidak mau mempersulit, saya pun juga orangnya fleksibel jadi sekiranya saya lupa bagaimana do'a

ini dan itu saya biasanya cukup berdo'a dengan menggunakan bahasa indonesia karena saya yakin

ALLAH Maha Mendengar sehingga pastinya tidak akan ada masalah entah ingin berdo'a dengan

bahasa arab sesuai dengan ajaran Rosulullah ataukah dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Akan tetapi jika memang anda termasuk orang yang mudah dalam menghafal kalimat atau do'a

dengan bahasa Arab saya anjurkan anda untuk selalu berdo'a dengan bahasa arab sesuai dengan

sunnah rosul. Nah, berikut ini adalah kumpulan Do'a Islam Sehari-hari yang bisa anda hafalkan

dan kemudian mempraktekkannya secara rutin, selamat menghafal :

1. Do'a sebelum makan :

ﻙﺭﺎﺑ ﻢﻬﻠﻟﺍ ﺎﻨﻟ ﺎﻨﺘﻗﺯﺭ ﺎﻤﻴﻓ ﺏﺍﺬﻋ ﺎﻨﻗﻭ ﺭﺎﻨﻟﺍ

Ya Allah berilah berkah kepada kami dari apa yang engkau beri rezeki pada kami dan hindarkanlah

kami dari azab neraka.

Do'a sesudah makan :

ﻱﺬﻟﺍ ﻪﻠﻟ ﺪﻤﺤﻟﺍ ﺎﻨﻤﻌﻃﺃ ﺎﻨﻠﻌﺟﻭ ﺎﻧﺎﻘﺳﻭ ﻦﻣ ﻦﻴﻤﻠﺴﻤﻟﺍ

Segala Puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami dan menjadikan kami

muslim.

Do'a Iftar (buka Puasa) :

ﻢﻬﻠﻟﺍ ﻚﻟ ﻚﺑﻭ ﺖﻤﺻ ﺖﻨﻣﺁ ﻚﻗﺯﺭ ﻰﻠﻋﻭ ﺕﺮﻄﻓﺃ ﻚﺘﻤﺣﺮﺑ ﻢﺣﺭﺍ ﺎﻳ ﻦﻴﻤﺣﺮﻟﺍ

Ya Allah untuk-Mu lah aku berpuasa dan kepada-Mu lah aku beriman dan atas rizki-Mu-lah aku

berbuka, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

2. Do'a masuk Masjid :

ﻢﻬﻠﻟﺍ ﺢﺘﻓﺍ ﺏﺍﻮﺑﺃ ﻰﻟ ﻚﺘﻤﺣﺭ

Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.

Do'a keluar Masjid:

ﻢﻬﻠﻟﺍ ﻚﻟﺄﺳﺍ ﻲﻧﺍ ﻚﻠﻀﻓ

Ya Allah sesungguhnya aku minta kepada-Mu dengan keutamaan-Mu.

3. Do'a masuk WC :

ﻢﻬﻠﻟﺍ ﻲﻧﺍ ﺫﻮﻋﺃ ﻚﺑ ﺚﺒﺨﻟﺍ ﻦﻣ ﺚﺋﺎﺒﺨﻟﺍﻭ

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari Godaan Syaiton laki-laki dan Perempuan.

(HR.Bukhari)

Do'a keluar dari WC :

ﻚﻧﺍﺮﻔﻏ ﻱﺬﻟﺍ ﻪﻠﻟ ﺪﻤﺤﻟﺍ ﺐﻫﺫﺍ ﻯﺫﻷﺍ ﻲﻨﻋ ﻰﻧﺎﻓﺎﻋﻭ

Aku minta ampun kepada-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghindarkan daku dari penyakit

dan menyehatkanku.

4. Do'a sebelum tidur :

ﻚﻤﺳﺎﺑ ﺎﻴﺣﺃ ﻢﻬﻠﻟﺍ ﺕﻮﻣﺄﺑﻭ

Dengan namamu, aku hidup dan aku mati.

Do'a ketika bangun tidur :

ﻪﻠﻟﺍ ﺪﻤﺤﻟﺍ ﺎﻧﺎﻴﺣﺃ ﻱﺬﻟﺍ ﺎﻨﺗﺎﻣﺃ ﺎﻣﺪﻌﺑ ﻪﻴﻟﺍﻭ ﺭﻮﺸﻨﻟﺍ

Segala puji bagi Allah yang telah membangunkan kami setelah kami ditidurkan, dan kepadaNyalah

kami akan di bangkitkan.

5. Do'a ketika keluar dari rumah :

ﻢﺴﺑ ﺖﻠﻛﻮﺗ ﻪﻠﻟﺍ ﻰﻠﻋ ﻝﻮﺣﻻﻭ ﻪﻠﻟﺍ ﻻﻭ ﺓﻮﻗ ﻻﺍ ﻪﻠﻟﺎﺑ

Dengan nama Allah (aku keluar) aku bertawakkal kepadaNya, tiada daya dan upaya kecuali dengan

kekuatan Allah.

Do'a ketika masuk rumah :

ﺎﻨﺠﻟﻭ ﻪﻠﻟﺍ ﻢﺴﺑ ﻢﺴﺑﻭ ﻪﻠﻟﺍ ﺎﻨﺟﺮﺧ ﻪﻠﻟﺍ ﻲﻠﻋﻭ ﺎﻨﻠﻛﻮﺗ

Dengan nama Allah kami masuk (kerumah) dengan nama Allah kami keluar (darinya) dan kepada

Tuhan kami bertawakkal.

6. Do'a ketika mendengarkan Adzan:

Seseorang untuk mendengarkan adzan hendaklah membaca sebagaimana yang di kumandangkan

oleh muadzin, kecuali bacaan : ﻲﻠﻋ ﻲﺣ ﺓﻼﺼﻟﺍ (hayya 'alassholaah) dan ﻲﻠﻋ ﻲﺣ ﺡﻼﻔﻟﺍ (hayya

'alalfalaah) maka padanya bacalah : ﺓﻮﻗﻻﻭ ﻝﻮﺣﻻ ﻪﻠﻟﺎﺑﻻﺍ (laa haula walaa quwwata illa billah)

Membaca shalawat kepada Nabi saw sesudah adzan :

ﻢﻬﻠﻟﺍ ﻩﺬﻫ ﺏﺭ ﺓﻮﻋﺪﻟﺍ ﺓﻼﺼﻟﺍﻭ ﺔﻣﺎﺘﻟﺍ ﺔﻤﺋﺎﻘﻟﺍ ﺕﺁ ﺎﻧﺪﻴﺳ ﺍﺪﻤﺤﻣ ﺔﻠﻴﻀﻔﻟﺍﻭ ﺔﻠﻴﺳﻮﻟﺍ ﻪﺜﻌﺑﺍﻭ ﺎﻣﺎﻘﻣ ﺍﺩﻮﻤﺤﻣ ﻱﺬﻟﺍ

ﻻ ﻚﻧﺍ)ﻪﺗﺪﻋﻭ ﺩﺎﻌﻴﻤﻟﺍ ﻒﻠﺨﺗ )

Ya Allah, Tuhan panggilan yang sempurna (azan) dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah Al-

Wasilah (derajat di surga,yang tidak akan diberikan selain kepada Nabi SAW). Dan Fadhilah kepada

Muhammad. Dan bangkitkan Beliau sehingga bisa menempati maqam terpuji yang telah Engkau

janjikan. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji.

7. Do'a sebelum wudhu :

ﻪﻠﻟﺍ ﻢﺴﺑ Dengan nama Allah (saya berwudhu).

Do'a setelah berwudhu:

ﺪﻬﺷﺍ ﻻ ﻥﺍ ﻪﻟﺍ ﻪﻠﻟﺍ ﻻﺍ ﻚﻳﺮﺷ ﻻ ﻩﺪﺣﻭ ﻪﻟ ﻥﺍ ﺪﻬﺷﺍﻭ ﺍﺪﻤﺤﻣ ﻩﺪﺒﻋ ﻪﻠﻟﺍ ﻝﻮﺳﺭﻭ

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang patut di sembah kecuali Allah yang Maha Esa dan tiada

sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba & utusanNya .

ﻲﻨﻠﻌﺟﺍ ﻢﻬﻠﻟﺍ ﻦﻣ ﻰﻨﻠﻌﺟﺍﻭ ﻦﻴﺑﺍﻮﺘﻟﺍ ﻦﻳﺮﻬﻄﺘﻤﻟﺍ ﻦﻣ

Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah termasuk orang-

orang (yang senang) bersuci.

8. Do'a ketika bersin :

Apabila seseorang diantara kamu bersin hendaklah membaca : ﻪﻠﻟ ﺪﻤﺤﻟﺍ (segala puji bagi Allah),

lantas saudara atau temannya berkata : ﻪﻠﻟﺍ ﻚﻤﺣﺮﻳ (semoga Allah memberi berkah kepadamu), Bila

saudara atau temannya berkata demikian bacalah :

ﻪﻠﻟﺍ ﻢﻜﻳﺪﻬﻳ ﺢﻠﺼﻳﻭ ﻢﻜﻟﺎﺑ (semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki hatimu).

9. Do'a Pelebur Dosa Majlis.

ﻙﺎﻨﺤﺒﺳ ﻢﻬﻠﻟﺍ ﻙﺪﻤﺤﺑﻭ ﺪﻬﺷﺍ ﻻ ﻥﺍ ﻻﺍ ﻪﻟﺍ ﺖﻧﺍ ﺏﻮﺗﺍﻭ ﻙﺮﻔﻐﺘﺳﺍ ﻚﻴﻟﺍ

"Maha Suci Engkau, Ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Engkau, aku

minta ampun dan bertaubat kepada-Mu.

10. Do'a sebelum berhubungan suami istri

ﻪﻠﻟﺍ ﻢﺴﺑ ﻢﻬﻠﻟﺍ ﺎﻨﺒﻨﺟ ﻥﺎﻄﻴﺸﻟﺍ ﻭ ﺐﻨﺟ ﻥﺎﻄﻴﺸﻟﺍ ﺎﻨﺘﻗﺯﺭ ﺎﻣ

Dengan nama Allah. Ya Allah! Jauhkan kami dari setan, dan jauhkan setan untuk mengganggu apa

yang Engkau rezekikan kepada kami.

11. Do'a untuk dijauhkan dari bala dan marabahaya :

ﻪﻠﻟﺍ ﻢﺴﺑ ﺮﻀﻳ ﻻ ﻱﺬﻟﺍ ﻊﻣ ﺊﺷ ﻪﻤﺳﺍ ﻲﻓ ﺽﺭﻷﺍ ﻭ ﻻ ﻲﻓ ﻊﻴﻤﺴﻟﺍ ﻮﻫﻭ ﺀﺎﻤﺴﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌﻟﺍ

"Dengan nama Allah yang segala sesuatu baik di langit maupun di bumi tidak akan memberi

mudhorot (bahaya) apa-apa selama berlindung dengan menyebut nama-Nya

12. Do'a penawar dan penyejuk hati dari kesedihan, rasa malas, kebingungan, ketidak

mampuan, bakhil dan keterlilitan hutang.

ﻢﻬﻠﻟﺍ ﻲﻧﺇ ﻚﺑ ﺫﻮﻋﺃ ﻢﻬﻟﺍ ﻦﻣ ﻭ ,ﻥﺰﺤﻟﺍ ﻭ ﺫﻮﻋﺃ ﻦﻣ ﻚﺑ ﺰﺠﻌﻟﺍ ﻭ ,ﻞﺴﻜﻟﺍ ﻚﺑ ﺫﻮﻋﺃﻭ ﻦﻣ ﻦﺒﺠﻟﺍ ﻭ ,ﻞﺨﺒﻟﺍ ﻚﺑ ﺫﻮﻋﺃﻭ ﻦﻣ

ﻦﻳﺪﻟﺍ ﺔﺒﻠﻏ ﻭ ﺮﻬﻗ ﻝﺎﺟﺮﻟﺍ

"Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan keduka-citaan, aku berlindung kepada-

Mu dari sifat lemah dan malas, aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan bakhil, aku

berlindung kepada-Mu dari beban hutang penindasan orang-orang.

Do’a Yang Dibaca Dalam Keadaan Tertentu:

1. Suami kepada istri dimalam pengantin

Allahuma inni as-aluka khaira khairama jabaltaha 'alaiha. Wa a'udzu bika min syarriha wa syarrima

jabaltaha 'alaihi

artinya : "Wahai Tuhanku, aku mohon kepada-Mu kebajikannya dan kebajikan tabiatnya, dan aku

berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan tabiatnya"

2. Untuk suami istri yang mandul

Bismillahir rahmanir rahimi. Rabbi la tadzarni fardan wa anta khairul waritsina

Artinya : "Dengan Nama Allah yang maha pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku,

janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah waris Yang paling baik"

3. Untuk merukunkan kembali suami istri yang akan bercerai

Wa alqaitu 'alaika mahabbatan minni wa litushna'a 'ala 'aini

Artinya : "Aku jatuhkan padamu rasa kecintaan dariku dan agar diperbuat oleh kamu atas mataku"

4. Dianugrahi Istri dan anak yang shaleh

Rabbana hab lana min azwajina wa dzuriyyatina qurrata a'yunin waj'alna lil muttaqina limaman

Artinya :

"Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami dari istri-istri kami dan anak cucu kami yang

menyenangkan kami dan jadikanlah kami sebagai ikutan bagi orang-orang yang bertaqwa " (QS. Al-

Furqan : 74)

5. Agar anaknya menjadi orang yang berilmu

Allahummaj'alni wa auladi wa dzurriyyati min ahlil' khairi wa la taj'alni wa iyyahummin ahlis su-i wa

ahlidh-dgairi warzuqni wa iyyahum 'ilman nafi'an wa rizqan wa si'an wa khuluqan hasanan

wattaufiqa lith-tha'ati wa fahman nabiyyina

artinya :

"Ya Allah, jadikanlah aku, anak-anakku, dan keluargaku termasuk dari golongan orang yang baik.

Dan janganlah Engkau jadikan aku serta mereka dalam golongan orang yang jahat, dan orang yang

membuat mudharat. berilah rezeki kepadaku dan kepada mereka berupa ilmu yang bermanfaat,

rezeki yang lapang, budi pekerti yang baik, pertolongan untuk taat, dan kepahaman mengenai para

nabi"

6. Untuk kedua orang tua

Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran

Artinya : "Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah serta ibuku, kasihanilah mereka

sebagaimana kasih mereka padaku sewaktu aku masih kecil"

7. Do'a Menolak Bencana

Laa ilaaha illalaahul kariimul 'azhiimu. Subhaanahu tabaarakalaahu rabbul 'arsyil 'azhiimi.

Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiina. Allaahumma rabbanaa aatinaa fid dun-yaa hasanatan wa fil

aakhirati hasanatan wa qinaa 'adzaaban naari.

Artinya : Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung. Maha Suci Dia, Maha Berkat

Allah Tuhannya 'arasy yang agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam. (HR. Nasa'i)

Ya Allah, ya Tuhan kami, berilah kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat. Lindungilah kami

dari siksa neraka. (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Do'a Kesembuhan/Kesehatan Diri

Allahumma 'aafinii fii badanii. Allaahuma 'aafinii fi sam'ii. Allaahumma 'aafinii fii basharii.

Allaahumma innii a'uudzu bika minal kufri wal faqri. Allahumma innii a'uudzu bika min 'adzaabil

qabri laa illaaha illaa anta.

Artinya : Ya Allah, sembuhkanlah badanku. Ya Allah, sembuhkanlah pendengaranku. Ya Allah

sembuhkanlah penglihatanku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kefakiran. Ya

Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada Tuhan selain-Mu. (HR. Abu Daud)

9. Do'a Dilindungi Dari Rupa-rupa Penyakit

Allahumma innii a'uudzubka minal barashi wal junuuni wal judzaani wa sayyi'il aswqaami

Artinya : Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari penyakit celup, penyakit gila, penyakit kusta dan

penyakit-penyakit buruk lainnya.

10. Do'a Menjenguk Orang Sakit/Kecelakaan

Allahumma rabban naasi adzhibil ba'sa asyfi antasy syaafii laa syifaa'a illaa syifaa'uka syifaa'an laa

yughaadiru saqaman. Imsahil ba'sa rabban naasi biyadikasy syifaa'u, laa aasyifa lahu illaa anta,

as'alullaahal 'azhiima, rabbal ' arsyil 'azhiimi an-yasfiyaka.

Artinya : Ya Allah Tuhan segala manusia, jauhkanlah kesukaran/penyakit itu dan sembuhkanlah ia,

Engkaulah yang menyembuhkan,tak ada obat selain obat-Mu, obat yang tidak meninggalkan sakit

lagi. Hilangkan lah penyakit itu, wahai Tuhan pengurus manusia. Hanya padamulah obat itu. Tak

ada yang dapat menghilangkan penyakit selain Engkau, aku mohon kepada Allah yang Maha Agung,

Tuhannya 'arasy yang agung, semoga Dia menyembuhkan anda. (HR. Bukhari dan Muslim)

11. Do'a Mengobati Orang Sakit

Bismillahirrahmaanirrahiimi. A'uudzu bi'izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhadziru

Artinya : Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku berlindung dengan

keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya dari kejahatan apa yang kuperoleh dan yang kutakuti. (HR.

Muslim, Abu Daud, Tirmi-dzi dan Nasai).

12. Do'a Menghadapi Musibah

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uuna. Allaahumma ajirnii fii mushiibatii wakhluf lii khairan minhaa.

Artinya : Sesungguhnya kami memiliki Allah dan sesungguhnya kami kembali kepada-Nya. Ya Allah

berilah kami pahala dalam misibahku in dan berilah pengganti yang lebih baik. (HR. Muslim)

13. Do'a Membimbing Orang Sekarat

Astaghfirullaahal 'azhiimaa ...... Laa Ilaaha Illallaahu muhammadun rasuulullaahi ....

Artinya : Aku mohon ampun pada Allah Yang Maha Agung Tiada Tuhan selain Allah dan

Muhammad adalah utusan Allah. (dibaca terus-menerus istighfar dan syahadat tersebut pada

telinga orang yang hampir wafat itu). (Tertunjuk dalam HR. Muslim, Abu Daud dan Hakim).

14. Do'a Di Sisi Orang Yang Telah Wafat

Allaahummaghfirlii wa lahu wa'aqibnii minhu 'uqbaa hasanatan.

Artinya : Ya Allah, ampunilah aku dan orang ini dan berilah aku ganti yang baik daripadanya. (HR.

Muslim)

15. Do'a Masuk Pekuburan Muslim

Assalamu 'alaykum ahlad diyaari minal my'miniina wa innaa insyaa'allaahu bikum laahiquuna.

As'alullaaha lanaa wa lakumul 'aafiyata.

Artinya : Salam sejahtera bagimu wahai penghuni kampung orang-orang mu'min. Kami in insya

Allah akan bertemu dengan anda sekalian. Kumohonkan pada Allah kesejahteraan bagi kami dan

bagi anda sekalian. (HR. Muslim)

16. Do'a Terhindar dari Kesulitan dan Penderitaan

Biismillaahi 'alaa nafsii wa maalii wa diinii, allaahumma radhinii biqadhaa'ika wa baarik lii fiimaa

quddiralii hatta laauhibbaa\ ta'jiila maa akhkharta wa ta'khiira maa 'ajjalta

Artinya : Dengan nama Allah atas diriku, hartaku dan agamaku. Ya Allah, berilah aku rasa ridha

terhadap putusku. Ya Allah, berilah aku rasa ridha terhadap putusan-Mu dan berkatilah segala apa

yang Engkau berikan ubun-ubunku dalam tangan-Mu, berlakulah atasku hukum keputusan-Mu dan

adillah atasku segala taqdirmu. Aku mohon pada-Mu dengan segala nama yang jadi milik-Mu yang

Engkau namakan dengannya diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhluq-

Mu, atau yang Kau simpan dalam perbendaharaan ghaib di sisi-Mu kiranya Engkau jadikan kitab al-

Quran jadi kesuburan hatiku dan cahaya dadaku serta menjadi tempat melepaskan segala

kesusahanku dan menghilangkan dukacitaku. (HR. Ahmad dan Ibnu Gibban)

17. Do'a Menghadapi Kesedihan, Kelemahan, Kemalasan, Takut, Kikir, Banyak Hutang Dan

Penindasan

Allaahumma innii a'uudzu bika minal hammi wal hazani wa a'uudzu bika minal 'ajzi wal kasali wa

a'uudzu bika minal jubni wal bukhli wa a'uudzu bika min ghalabatid dayni wa qahrir rijaali.

Artinya : Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kemurungan dan kesusahan, aku berlindung pada-

Mu dari kemalasan dan aku berlindung pada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung

pada-Mu dari tekanan utang dan paksaan orang lain.

18. Do'a Ketenangan Jiwa

Rabhanaa afrigh 'alaynaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wahshurnaa 'alal qawmil kaafirina.

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaytana wa hablanaa min ladunka rahmatan innaka

antal wahhaabu. Allaahumma tsabbitnii an azilla wahdinii an adhilla. Allahumma kamaa hulta

baynii wa bayna qalbii, fahul baynii wa baynasy syaythaani wa 'amalihi. Allaahumma innii as-aluka

nafsan muthma 'innatan tu'minu biliqaa'ika wa tardhaa biqadhaa'ika wa taqna'u bi'athaa'ika

Artinya : Ya Tuhan kami, curahkanlah kesabaran atas kami dan teguhkanlah pendirian kami serta

tolonglah kami terhadap golongan yang kafir.

Ya Tuhan kami, janganlah kau palingkan hati kami setelah Engkau tunjuki dan berilah kami dari

hadhirat-Mu rahmat karena Engkau adalah Yang Maha Pemberi.

Ya Allah kokohkanlah aku dari kemungkinan terpelesetnya iman, dan berilah aku petunjuk dari

kemungkinan sesat.

Ya Allah sebagaimana Engkau telah memberi penghalang antara aku dan hatiku, maka berilah

penghalang antaraku dan antara syaitan serta perbuatannya.

Ya Allah aku mohonkan pada-Mu jiwa yang tenang tenteram, yang percaya pada pertemuan

dengan-Mu dan ridha atas keputusan-Mu serta merasa cukup puas dengan pemberian-Mu.

19. Do'a Mohon Ketenangan Dalam Menghadapi Musibah

Allahummarzuqnii nafsan muthma'innatan tu'minu biliqaa'ika wa tardhaa biqadhaa'ika

Artinya : Ya Allah, berilah kami hati yang tenang, yang beriman akan saat perjumpaan dengan-Mu

dan ridiha menerima segala ketetapan-Mu

20. Do'a Ketika Menghadapi Kesulitan

Allahumma Laa shla illaa maa ja'altahu sahlan wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlan

Artinya : Ya Allah, tiada yang mudah selain yang kau mudahkan dan Engkau jadikan kesusahan itu

mudah jika Engkau menghendakinya jadi mudah. (HR. Ibnu Hibban)

21. Do'a Dimudahkan Segala Urusan

Allaahumma innii as-aluka tamaaman ni'mati fil asy-yaa'I kullihaa wasy syukra laka 'alayhaa hattaa

tardhaa wa ba'dar ridhaa, wal khiyarata fii jamii'I maa yakuunu fiihil khiyaratu wa bijamii'I

masyuuril umuuri kullihaa laa bima'suurihaa yaa kariimu.

Artinya : Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu kesempurnaan ni'mat pada segala perkara dan

mensyukuri-Mu atasnya, sehingga Engkau ridha dan sesudah ridha itu lalu aku mohonkan pula

kepada-Mu untuk memilih segala apa yang boleh dipilih dan dengan segala kemudahannya, bukan

yang sulit lagi sukar dikerjakannya. Wahai Tuhan Yang Maha Mulia.

22. Do'a Mohon Husnul Khatimah

Allaahummaj'al khayra 'umrii aakhirahu wa khayra 'amalii khawaatiimahu wa khayra ayyaamii

yawma lliqaa'ika

Artinya : Ya Allah, jadikanlah sebaik-baiknya umurku pada ujungnya dan sebaik-baiknya amalku

adalah pada ujung akhirnya, dan sebaik-baiknya hariku adalah pada saat aku menemui-Mu.

(Disebutkan oleh an-Nawawi)

23. Do'a Waktu Bersin dan Jawaban yang Mendengarnya

Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiina. (segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam),

kemudian dijawab oleh orang yang mendengarnya :

Yarhamukallahu (Semoga Allah merahmati anda),

lalu orang yang yang bersin itu menjawabnya pula dengan :

Yahdiikumullaahu wa yushlihu baalaku

(Semoga Allah memberi hidayat bagi anda dan membaguskan keadaan anda). (HR. Bukhari)

24. Do'a Diberi Kesenangan Hidup

Allahumma ashlih lii fii diiniil ladzii huwa 'ishmatu amrii wa ashlih lii dun-yaayal latii fiihaa ma'aasyi

wa shlih lii aakhiratil latii fiihaa ma'aadii waj'alil hayaata ziyaadata lii fii kulli khayrin wajalil mawta

raahatan lii min kulli syarrin.

Artinya : Ya Allah, baguskanlah untukku agamaku yang jadi pangkal urusanku, baguskan pula

duniaku yang jadi tempat penghidupanku, dan baguskanlah akhiratku yang padanya tempat

kembaliku nanti, jadikanlah hidup tu menjadi bekal/tambahan bagiku dalam segala kebaikan, serta

jadikanlah mati itu pelepas segala keburukan bagiku. (HR. Muslimin)

25. Do'a Berlindung Dari Mahluk Jahat

A'uudzu bikalimaatillaahit taammati min syarri maa khalaqa

Artinya : Aku berlindung dengan menyebut kalimat-kalimat Allah Yang Maha sempurna dari segala

kejahatan apa yang telah diciptakan-Nya.

26. Do'a Dapat Bersyukur, Bersabar dan Tidak Menonjolkan Jasa

Allahummaj'alnii syakuuran waj'alnii fii 'aynii shaghiiran wa fii a'yunin naasi kabiiran.

Artinya : Ya allah, jadikanlah aku orang yang berterimaksih pada-Mu, jadikanlah aku orang yang

shabar, jadikanlah aku kecil dalam pandanganku tapi orang yang besar dalam pandangan orang

lain.

27. Do'a Mengunjungi Pengantin Baru

Baarakallahu likulli waahidin minkumaa fii shaahibihii wa jama'a baynakumaa fi khayrin

Artinya : Semoga allah memberkati masing-masing kamu berdua (mempelai) terhadap temannya,

dan semoga Allah mengumpulkan kamu berdua dalam kebaikan (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu

Majalah)

Baarakallahu laka wa baaraka 'alayka wa jama'a baynakumaa fi khayrin

Artinya : Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah, dan selalu

mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan. (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

28. Do'a Ketika Melihat Bayi Baru Lahir

Innii u'iidzuka bikalimaatillaahit taammati min kulli syaythaanin wa haammatin wamin kulli 'aynin

laammatin.

Artinya : Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Allah Yang Sempurna dari segala gangguan

syaitan dan gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk

bagi apa yang dilihatnya. (HR. Bukhari)

29. Do'a Mohon Putera yang Shalih

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinna qurrata a'yunin waj'alnaa limuttaqiina

imaaman.

Artinya : Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami dari isteri-isteri kami dan anak-cucu kami yang

menyenangkan kami dan jadikanlah kami sebagai ikutan bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS. Al-

Furqan, 74)

30. Do'a Mohon Dianugerahi Rizki yang Berkah

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyiban wasta'milnii thayyiban. Allahummaj'al awsa'a rizqika

'alayya 'inda kibari sinnii wanqithaa'i umrii.Allaahummakfinii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii

bifadhlika 'am-man siwaaka.Allaahumma in nii as-aluka rizqan waasi'an naafi'an. Allaahumma innii

as-alukan na'iimal muqiinal ladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Artinya : Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala

perbuatan yang baik.

Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku.

Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku

dengan karunia-Mu dari yang lainnya.

Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna.

Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni'mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.

31. Do'a Bagi Kedua Orangtua

Rabbighfirlii waliwaalidayya warhamhumma kamaa rabbayaanii shaghiiran.

Artinya : Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah dan ibuku serta kasihilah mereka

sebagaimana kasih mereka padaku sewaktu aku masih kecil.


Sumber: http://sbukie.wap.sh/doa


Published with Blogger-droid v2.0.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar